Banjir di Padang

Tak Ingin Banjir Terjadi Lagi, Warga Batu Busuk Minta Pemko Padang Segera Bangun Check Dam

banjir yang terjadi kemarin karena air sungai yang tak mengalir sesuai jalur, dan malah melimpah ke pemukiman warga.

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Rahmadi
TribunPadang.com/Wahyu Bahar
Kondisi Sungai Batu Busuk Padang pasca meluap pada Senin (24/1/2023) malam. Pantauan TribunPadang.com, tampak bekas jalur meluapnya air sungai ke pemukiman warga. Permukaan sungai juga tampak lebih tinggi dari pemukiman warga, sementara tak ada tanggul penghambat aliran sungai. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Warga Batu Busuk Kelurahan Lambung Bukit Kota Padang menyebut penyebab banjir akibat permukaan sungai lebih tinggi.

Salah seorang warga, Son mengatakan, faktor utama penyebab banjir pada Senin (23/1/2023) malam ialah kondisi permukaan sungai yang lebih tinggi dari pemukiman masyarakat.

Kata dia, banjir yang terjadi kemarin karena air sungai yang tak mengalir sesuai jalur, dan malah melimpah ke pemukiman warga.

Untuk itu, ujarnya, perlu kesigapan pemerintah untuk segera menanggulanginya.

Menurutnya, pemerintah harus segera membangun check dam atau tanggul penghambat agar air sungai mengalir tidak ke pemukiman masyarakat.

Baca juga: Banjir di Batu Busuk, Wali Kota Padang Sebut Akibat Check Dam Tidak berfungsi

"Jadi kita berharap dengan kejadian seperti ini kepada Pemda atau pihak terkait untuk segera mengatasi kondisi bencana banjir yang terjadi saat ini. Kenapa demikian? karena kita lihat, di pengkolan air itu, airnya bersimpang ke arah sini (pemukiman)," ujar Son kepada TribunPadang.com, Selasa (24/1/2023).

Pemko dan OPD penanggung jawab, lanjut dia, perlu segera mungkin melakukan penanggulangan dengan dana tanggap darurat, sehingga masyarakat merasa terlindungi.

"Sebagai masyarakat, harap saya, pemerintah segera mengatasi sebelum bencana banjir terjadi lagi. Kalau seandainya tidak cepat diatasi, kami khawatir nanti rumah warga habis, masyarakat akan semakin terdampak banjir," ujarnya.

Sementara itu Lurah Lambung Bukit Defriandi mengatakan, Wali Kota Padang dan rombongan, Kapolresta Padang sudah mengecek ke lokasi banjir.

Hari ini, Selasa (24/1/2023), pihak PU bidang pengairan juga sudah mengecek ke lapangan.

Baca juga: Banjir Batu Busuk Padang: Kursi Hanyut Hantam Kaki Encandra, Sepeda Motor Nyaris Hanyut

"Jadi kita harapkan nanti ada pemasangan check dam air atau pemasangan dinding tebing penahan air," ujar Defriandi.(*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved