Gunung Kerinci Erupsi

Gunung Kerinci Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik ke Wilayah Sumatera Barat

Gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara ini mengeluarkan semburan abu berwarna kecoklatan.

Penulis: Rahmadi | Editor: Rahmadi
TribunJambi.com
Gunung Kerinci mengalami erupsi dengan ketinggian abu mencapai 700 meter, Selasa (6/12/2022). Abu vulkanik gunung tersebut mengarah ke wilayah Sumatera Barat (Sumbar) 

TRIBUNPADANG.COM - Gunung Kerinci dilaporkan mengalami erupsi pada Selasa (6/12/2022) pagi.

Akibatnya, Gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara ini mengeluarkan semburan abu berwarna kecoklatan.

Yudi salah seorang warga Kayu Aro, Kabupten Kerinci mengatakan, bahwa Selasa pagi tadi, Gunung Kerinci terlihat menyemburkan abu yang cukup tinggi dengan warna coklat.

"Pagi ini sekitar pukul 07.30 WIB, Gunung Kerinci masih mengeluarkan semburan cukup tinggi namun arahnya ke bagian Sumatra Barat," katanya.

Katanya, kejadian semburan ini tidak berdampak pada aktivitas warga. Warga masih tetap beraktivitas seperti biasa bekerja ke ladang dan lainnya.

Baca juga: Belajar ke Kota Payakumbuh, Pemkab Kerinci Berencana Bangun Mal Pelayanan Publik

"Warga sudah terbiasa dengan kondisi seperti ini. Dan tidak menjadi pengaruh bagi kita untuk beraktifitas,” ungkapnya.

Senada juga diakui pengawas Gunung Kerinci, Danuri bahwa pagi tadi gunung Kerinci mengeluarkan semburan abu berwarna coklat.

"Ya ada semburan abu dari kawah Gunung Kerinci terlihat pagi ini. Kalau kemarin tidak ada semburan, kita berharap tidak terjadi apa-apa," ucapnya.

Kepala Pos Pemantau Gunung Kerinci, Irwan dihubungi via ponselnya, membenarkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Kerinci pada Selasa, sejak subuh hingga pagi sekitar jam 07.00 WIB. Aktivitas semburan abu berwarna coklat tersebut mengarah ke arah barat daya.

"Abu mengarah ke Barat Daya, setinggi lebih kurang 300 meter, berwarna coklat dari subuh sampai pukul 07.00 WIB, setelah itu asapnya berwarna putih," katanya.

Baca juga: Kisah Pejuang UTBK-SBMPTN 2022 di Padang, Salah Lihat Jadwal padahal Jauh-Jauh dari Kerinci

Hingga siang ini lanjutnya, semburan abu sudah tidak terlihat lagi. Dan kondisi gunung tertutup awan.

Diketahui Gunung Kerinci merupakan gunung berapi yang terletak di dua wilayah provinsi, yaitu Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) dan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Gunung Kerinci Waspada

Pasca erupsi Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Semeru dari siaga menjadi awas atau dari level 3 menjadi level 4.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved