Pekerja AQUA Solok yang di-PHK Kembali Temui Bupati Epyardi Asda

Sejumlah perwakilan Serikat Pekerja Aqua Grup (SPAG) Solok kembali bertemu Bupati Kabupaten Solok Epyardi Asda di kediamannya, Sabtu (3/12/2022).

Penulis: Nandito Putra | Editor: Mona Triana
ist
Pekerja AQUA Solok yang di-PHK kembali menemui Bupati Solok Epyardi Asda. Pertemuan itu untuk meminta arahan dan penyelesaian perselisihan dengan manajemen 

TRIBUNPADANG.COM, SOLOK - Sejumlah perwakilan Serikat Pekerja Aqua Grup (SPAG) Solok kembali bertemu Bupati Kabupaten Solok Epyardi Asda di kediamannya, Sabtu (3/12/2022).

Pertemuan itu, kata Ketua SPAG Solok Fuad Zaki, bertujuan untuk meminta arahan bupati terkait penyelesaian masalah PHK sepihak oleh manajemen perusahaan.

Di hadapan Epyardi dan sejumlah pejabat Pemkab Solok, Zaki menyampaikan bahwa sampai saat ini perusahaan belum juga memenuhi arahan Kemnaker, yakni mengadakan bipartit untuk mencari jalan keluar.

"Kami sudah mengundang pihak manajemen untuk melakukan musyawarah, tetapi belum dipenuhi dengan alasan persoalan PHK sedang diselesaikan di kementerian," ujarnya.

Menurut Zaki, alasan yang dilayangkan pihak manajemen tidak bisa diterima.

Pasalnya, kata Zaki, kementerian menilai PHK yang dilakukan perusahaan belum sah secara prosedural.

"Menurut Pasal 154 UU Ketenagakerjaan, proses PHK harus melalui musyawarah mufakat. Ini tidak bisa, tidak difasilitasi untuk musyawarah karena masuk ke pabrik saja tidak bisa," kata Zaki.

Ia mengatakan, pada 18 November, pengurus pusat SPAG di Jakarta kembali bertemu dengan manajemen perusahaan di kementerian.

Baca juga: Bipartit dengan Manajemen Belum Terwujud, 101 Pekerja AQUA Solok yang di-PHK Masih Tanpa Kejelasan

Baca juga: Pasca Pertemuan di Kemnaker, Serikat Pekerja Optimis Kembali Bekerja di Pabrik AQUA Solok

Dari pertemuan itu, kementerian tetap meminta agar masalah PHK ini diselesaikan dengan musyawarah di lokasi.

"Kementerian menyebut syarat PHK ini belum terpenuhi secara prosedural. Namun sampai sekarang belum ada tindaklanjutnya dari manajemen perusahaan," kata Zaki.

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan, pihak manajemen melalui Kepala Humas dan CSR Aqua Solok Azrai, belum merespon permintaan wawancara.

(TribunPadang.com/Nandito Putra)

 


 
 

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved