Kabupaten Sijunjung

Kunjungi Kabupaten Sijunjung, Wamentan RI Usahakan Ekspor Komoditas Manggis

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Husnul Qolbi, lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa ...

TribunPadang.com/Hafiz Ibnu Marsal
Wamen Pertanian RI, Harvick Husnul Qolbi lakukan kunjungan ke Kabupaten Sijunjung, Sumbar, Selasa (29/11/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Husnul Qolbi, lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (29/11/2022).

Dalam kunjungannya tersebut, Wamen Pertanian RI itu melakukan diskusi dengan kelompok tani yang ada di Kabupaten Sijunjung.

"Dalam kegiatan ini kita bersama bupati dan wabup beserta unsur Forkopimda memperlihatkan kepada masyarakat bahwa pemerintah berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian," ungkapnya kepada TribunPadang.com.

Ia menambahkan, berbagai program telah dilakukan untuk memajukan sektor pertanian dan akan lebih ditingkatkan pada tahun 2023.

"Nantinya program untuk pertanian akan terus kami tingkatkan, seperti swasembada beras di Sijunjung tentunya tetap bertahan dan untuk produk pertanian lain juga ditingkatkan," ujar Harvick Husnul Qolbi.

Baca juga: Sumbar Ada Sentra Sorgum, Wamentan: Secara Agraris Wilayah Sumbar Memungkinkan

Selain itu, Kabupaten Sijunjung diketahui sebagai salah satu penghasil komoditas manggis terbesar di Indonesia.

Kata Harvick, pihak Kementerian siap memfasilitasi untuk Kabupaten Sijunjung bisa melakukan ekspor manggis secara mandiri.

"Masyarakat Sijunjung menghendaki untuk melakukan ekspor manggis langsung tanpa mengandalkan daerah lain, kami sangat mendukungnya," tutur Wamen RI itu.

Dikatakannya, nantinya persyaratan tersebut bisa diketahui oleh kepala daerah apa saja yang diperlukan untuk melakukan itu.

"Nantinya kami juga akan memberikan pelatihan-pelatihan, agar nantinya hasil pertanian dari Kabupaten Sijunjung bisa diterima dengan baik," imbuhnya.

Baca juga: Politik Jamuan Makan Siang Ala Genius Umar, Titipkan Proposal Potensi Pertanian Pada Wamentan

Ia berharap, sektor pertanian di Sumbar khususnya Sijunjung, agar terus meningkat tidak hanya in farm tetapi juga out farm.

"Out farm ini maksudnya barang jadi, produk ini nantinya harus terus ditingkatkan dalam sektor pertanian," tutupnya.

Selain itu, Wamen Pertanian RI itu juga menyerahkan secara simbolis beberapa bantuan Alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani Sijunjung, yang berasal dari APBN dan APBD Sijunjung 2022.

Selanjutnya, Harvick Husnul Qolbi juga secara simbolis melakukan penanaman pada lampai sirandah yang merupakan varietas padi unggul Sijunjung. (TribunPadang.com/Hafiz Ibnu Marsal)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved