Gempa Bumi Jabar

Warga Minang Jadi Korban Gempa Cianjur, Wagub Sumbar: Kita Nanti Koordinasi dengan IKM

Pemprov Sumbar belum mendapatkan informasi pasti berapa masyarakat Minang yang ada di Cianjur ikut terdampak akibat kejadian gempa

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Rahmadi
TribunPadang.com/Rezi Azwar
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, saat melepas satu ton rendang yang dikirim untuk masyarakat terdampak bencana gempa di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) belum mendapatkan data pasti terkait berapa orang warga asal Minang yang menjadi korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Gempa ini meluluhlantakkan rumah masyarakat dan fasilitas umum, sehingga banyak yang kehilangan anggota keluarga akibat menjadi korban dalam kejadian bencana ini.

"Kita belum mendapatkan informasi yang pasti berapa masyarakat Minang yang ada di Cianjur ikut terdampak akibat kejadian gempa ini," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy di Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (24/11/2022).

Dikatakannya, nantinya Pemprov Sumbar akan berkoordinasi dengan Ikatan Keluarga Minang (IKM) Jawa Barat.

"Karena kita ada organisasi perantau, nanti mereka yang akan melaporkan," kata Audy Joinaldy.

Baca juga: Sumbar Kirim 1 Ton Rendang untuk Korban Gempa Cianjur, Bantuan Diperkirakan Tiba Besok

Sebagai bentuk kepedulian dan aksi kemanusiaan, Pemprov Sumbar melalui BPBD Sumbar berhasil mengumpulkan sebanyak 815 kilogram renang dan ditambah dengan 200 kilogram yang disumbangkan oleh PLN UID Sumbar.

"Ini bentuk kepedulian kita dari masyarakat Provinsi Sumatera Barat yang juga dibantu oleh PLN UID Sumbar, kita kirimkan satu ton rendang," Audy Joinaldy.

Ia mengatakan, satu ton rendang yang akan dikirim untuk korban bencana gempa di Cianjur ini merupakan pengiriman pertama dari Provinsi Sumatera Barat.

"Insya Allah akan terus kita kumpulkan, bahkan targetnya akan sampai dua ton rendang. Ini untuk membantu meringankan beban saudara kita yang terkena musibah gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat," kata Audy Joinaldy.

Ia menjelaskan, makanan siap saji yang bisa langsung dimakan berupa rendang ini merupakan makanan khas dari Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga: Pemkab Dharmasraya Bakal Masak 1 Ton Rendang untuk Korban Gempa Cianjur, Siapkan Juru Masak Terbaik

"Ini juga uni, berbeda dari yang lain. Kita mengirimkan makanans siap saji yang bisa langsung dimakan. Rendang akan dikirimkan langsung lewat jalur darat pada hari ini," kata Audy Joinaldy.

Kata dia, rendang ini diperkirakan akan sampai ke lokasi terdampak bencana gempa pada besok, Jumat (25/11/2022).

"Kemungkinan besok Bapak Gubernur Sumbar juga akan menyerahkan langsung bantuan ini ke Cianjur, sedangkan kami di sini berkoordinasi untuk mengumpulkan bantuan-bantuan ke Cianjur. Khususnya rendang," katanya.

Dikatakannya, makanan rendang ini dikumpulkan dari Pemerintahan Provinsi Sumbar, BUMN, BUMD, perusahaan swasta, dan dari masyarakat yang ada di Sumbar.

"Siapapun boleh ikut berpartisipasi untuk membantu korban gempa di Cianjur. Untuk rendang yang sudah ada kita kirimkan dulu. Untuk penggalangan dana kita belum pastikan kapan batasnya," pungkasnya. (TribunPadang.com/Rezi Azwar)

Baca juga: TRC Semen Padang Pusatkan Pencarian Korban Gempa Cianjur di Desa Cegenang yang Dilaporkan Hilang

 

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved