Kota Solok

Permainan Anak Nagari Semarakkan Rang Solok Baralek Gadang

Event Rang Solok Baralek Gadang yang dibuka secara resmi oleh wakil gubernur Sumatera Barat. Hari kedua Jumat (23/9/2022) juga menghadirkan berbagai

Editor: Mona Triana
ist
Permainan Anak Nagari Semarakkan Rang Solok Baralek Gadang 

Event Rang Solok Baralek Gadang yang dibuka secara resmi oleh wakil gubernur Sumatera Barat. Hari kedua Jumat (23/9/2022) juga menghadirkan berbagai event yang menarik, di antaranya permainan tradisi anak nagari seperti tarik tambang baluluak, pacu upiah, pacu baluik dan festival layang-layang.

Tidak hanya diikuti oleh anak-anak sekolah tetapi juga diikuti oleh seluruh OPD di Kota Solok dan masyarakat yang berkunjung ke lokasi kegiatan.

Bahkan Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra usai mengikuti kegiatan apel gabungan dan senam bersama dengan seluruh ASN Pemko Solok di hamparan Sawah Solok juga ikut berpartisipasi dalam pada lomba tarik tambang baluluak antar OPD.

Baca juga: Prosesi Batulak Bala pada Rangkaian Rang Solok Baralek Gadang, Ritual Adat yang Masih Dilestarikan

Mirna, salah seorang pengunjung menyatakan sangat antusias dengan permainan anak nagari yang sajikan. “Ini merupakan pengalaman baru bagi anak-anak kami dan ini merupakan salah satu upaya untuk terus menjaga kelestarian tradisi di tengah perkembangan teknologi yang cukup pesat,” ujar Mirna.

Kabid Jasa Usaha dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Solok, Febri Wilda yang terjun langsung sebagai panitia permainan anak nagari merasa sangat gembira dengan luar biasanya antusias pengunjung terutama para pelajar yang mengabadikan permainan anak nagari ini melalui media sosial masing-masing.

“Hari kedua ini juga ada workshop layang-layang dan pameran layang-layang baik dari dalam dan luar negeri. Ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sore nanti juga bakal berlangsung lomba layang-layang tradisional,” sampainya.

Baca juga: Prosesi Batulak Bala pada Rangkaian Rang Solok Baralek Gadang, Ritual Adat yang Masih Dilestarikan

Rang Solok Baralek Gadang merupakan perhelatan masyarakat Kota Solok menyambut hasil panen padi yang melimpah.

Kendati Kota Solok telah tumbuh menjadi daerah urban namun sebagian wilayahnya tetap bertahan sebagai areal sawah, tempat menghasilkan Beras Solok yang ternama.

Hamparan sawah dengan budaya yang masih hidup di tengah masyarakat menjadi keunikan tersendiri bagi Kota Solok.

Pemandangan pertanian menghampar di tengah pemukiman dan perkantoran. Kondisi inilah yang dirayakan melalui event Rang Solok Baralek Gadang. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved