Berita Padang Hari Ini

Pelatihan Hadapi Bencana di Area Ketinggian, Damkar Padang Rencana Bentuk Tim Khusus Evakuasi

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang akan membentuk tim rescue khusus terkait penyelamatan, Selasa (23/8/2022).

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Para petugas Damkar Kota Padang yang menggunakan baju dinas mengikuti pelatihan High Angel Rescue Techniques (HART) di Kantor SAR Padang, Selasa (23/8/2022). Tim bentukan Dinas Damkar Kota Padang terkait penyelamatan saat terjadinya insiden. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang akan membentuk tim rescue khusus terkait penyelamatan, Selasa (23/8/2022).

Hal itu dikatakan oleh Kabid Ops Damkar Kota Padang, Sutan Hendra, yang telah mengirimkan sebanyak 22 orang petugasnya untuk mengikuti pelatihan di Kantor SAR Padang.

Petugas Kantor SAR memberikan materi pelatihan terkait High Angel Rescue Techniques (HART) untuk menghadapi kecelakaan atau bencana di area ketinggian.

Sutan Hendra menyebutkan, pelatihan ini digelar selama dua hari sejak Senin (22/8/2022) tanpa adanya anggaran dana. "Latihan ini secara anggaran tidak didukung, tapi kami berusaha untuk mewujudkannya," kata Sutan Hendra.

Sutan Hendra mengatakan terjalinnya hubungan baik antara Dinas Damkar Kota Padang dan Kantor SAR Padang sehingga terlaksananya pelatihan High Angel Rescue Techniques (HART).

"Iya kedepannya kami akan membentuk tim rescue khusus bagi yang menguasai pengetahuan terkait latihan ini (HART)," kata Sutan Hendra.


Sebanyak 22 petugas yang dikirimkan mengikuti pelatihan ini secara garis besar mendapat pelatihan seperti fungsi dan penggunaan tali temali, pengenalan alat, dan turun tali dari ketinggian.

"Jadi, latihan ini digelar agar fungsi tugas Damkar itu bukan saja untuk memadamkan api. Namun, ada salah satu tugasnya penyelamatan dan evakausi untuk keadaan daturat bencana non kebakaran," katanya.

diklat Sutan
Para petugas Damkar Kota Padang yang menggunakan baju dinas mengikuti pelatihan High Angel Rescue Techniques (HART) di Kantor SAR Padang, Selasa (23/8/2022). Tim bentukan Dinas Damkar Kota Padang terkait penyelamatan. (TribunPadang.com/Rezi Azwar).

Hal itu sesuai Kemendagri Nomor 6 tahun 2020. Jadi kami rasa, untuk personil perlu meningkatkan kapasitas.

Sutan Hendra berharap kedepannya personil Damkar Kota Padang memiliki skill tambahan sehingga dapat bersinergi dengan petugas Kantor SAR Padang pada saat terjadinya insiden yang memerlukan evakuasi.

"Karena kami merasa, jumlah orang yang menguasai untuk rescue sendiri untuk Damkar Kota Padang tidak seberapa. Makanya kami ingin lebih meningkatkan lagi pemerataan skill di Pemadam Kebakatan Kota Padang," katanya.

Riza Fahlevi selaku Kasi Sumber Daya Kantor SAR Padang, peserta dalam pelatihan selama dua hari full ini terdiri dari petugas Damkar Kota Padang yang baru bergabung.

"Mulai teknik dalam HART, dari teori sampai praktek. Permintaan hanya fokus ke HART saja dulu, sebenarnya kalau secara silabus masih banyak lagi," kata Riza Fahlevi.

Pelatihan ini untuk sinergitas antara Damkar Kota Padang dan Kantor SAR Padang sehingga dapat bersama-sama pada saat pelaksanaan Operasi SAR.

Riza Falevi berharap bisa bersama dan sudah saling mengerti bagaimana teknik pertolongan pada saat terjadi adanya kejadian vencana atau insiden.

"Latihan-latihan ini juga kita berikan kepada komunitas dan Pokdarwis yang ada di daerah Kota dan Kabupaten di Sumbar. Hal itu targetnya agar mereka juga dapat membagi ilmunya kepada rekan lainnya," katan Riza Fahlevi.

Latihannya pun sesuai insiden yang rawan terjadi pada lokasi yang akan diberikan pelatihan, seperti kawasan pegunungan tidak mendapat materi tentang evakuasi di laut.(TribunPadang.com/Rezi Azwar)

 

 

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved