Citizen Journalism

Berbagi Tips Belajar Peserta Lintas Jurusan SBMPTN 2022, Termasuk Giat Latihan Soal

SBMPTN dikenal sebagai jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yang paling bergengsi di Indonesia. Jalur seleksi SBMPTN ini menjadi jalur seleksi ter-favo

Editor: Emil Mahmud
istimewa/wartakota
Logo: SBMPTN 

Citizen Journalism Oleh: Andini Aprilia Putri *) 

SBMPTN dikenal sebagai jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yang paling bergengsi di Indonesia. Jalur seleksi SBMPTN ini menjadi jalur seleksi ter-favorit bagi calon mahasiswa untuk mendaftarkan dirinya ke PTN yang diinginkan.

SBMPTN ini diselenggarakan tiap tahunnya secara serempak secara nasional dengan melakukan seleksi berbasis ujian tulis.

Jalur seleksi SBMPTN ini memiliki keunggulannya tersendiri karena jalur seleksi ini mampu menampung banyak peserta dari lulusan SMA dua sampai tiga tahun sebelumnya.

Peserta ujian SBMPTN dibagi menjadi tiga yaitu peserta Soshum, peserta Saintek, dan kelompok campuran. Peserta ujian Soshum nantinya akan diuji dengan mengerjakan soal – soal yang meliputi Sejarah, Sosiologi, Geografi dan Ekonomi.

Sedangkan, peserta Saintek akan mengerjakan materi yang berkaitan dengan ilmu saintek seperti Kimia, Fisika, Matematika Saintek, dan Biologi.

Tidak hanya itu, ada satu kelompok ujian yang sering dipilih oleh calon mahasiswa, yaitu peserta lintas jurusan.

Peserta Lintas Jurusan atau sering disebut dengan linjur biasanya sering diminati oleh siswa yang berasal dari jurusan IPA.

Yakni, dapat dibilang bahwa Lintas Jurusan merupakan siswa memilih jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusan yang dia ambil sewaktu SMA.

Adapun beberapa alasan mengapa calon mahasiswa yang berasal dari jurusan IPA mengambil ujian SBMPTN jalur lintas jurusan.

Hal ini dikarenakan banyak dari mereka yang sadar bahwa jurusan impian mereka berasal dari bidang IPS bukan IPA.

Kadang ada siswa jurusan IPA sewaktu SMA merasa bahwa dia tidak cocok dengan jurusan IPA, maka dari itu lah mereka memilih linjur.

Ada juga yang masuk jurusan IPA karena paksaan orangtua ataupun gengsi. Adapun rumor yang mengatakan bahwa siswa yang berasal dari jurusan IPA lebih mudah lulus apabila mengambil jalur linjur.

Hal ini tidak dibenarkan, karena ada banyak di luar sana calon mahasiswa yang mengambil jalur linjur belajar dengan susah payah untuk jurusan yang ia inginkan nanti.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved