Lebaran 2022

20 Pedagang Ditertibkan saat Libur Lebaran di Pantai Padang, Edrian Edwar: Sudah Tegur dan Bongkar

Petugas Satpol PP Kota Padang melakukan penertiban pedagang agar pengunjung kawasan Objek Wisata Pantai Padang meerasa nyaman dan aman, Rabu (4/5/202

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Kabid Tibumtranmas Satpol PP Kota Padang, Edrian Edward, Rabu (14/7/2021). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Petugas Satpol PP Kota Padang melakukan penertiban pedagang agar pengunjung kawasan Objek Wisata Pantai Padang meerasa nyaman dan aman, Rabu (4/5/2022).

Penertiban ini ditujukan kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menempati kawasan Jalan Samudera, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

"Sesudah lebaran, kita melakukan penertiban. Karena banyak kunjungan dari luar daerah ke Kota Padang," kata Edrian Edward selaku Kabid Tibumtranmas Pol PP Kota Padang.

Ia tidak ingin pengunjung yang hendak menikmati keindahan objek wisata Pantai Padang terganggu oleh adanya PKL yang berjualan sembarangan.

"Sebelumnya kami juga sudah melakukan penertiban juga, sudah ditegur dan dilakukan pembongkaran juga. Ternyata mereka masih berjualan juga," kata Edrian Edwar.

Oleh karena itu dilakukan peneriban kembali oleh petugas Satpol PP Kota Padang agar tidak berjualan di fasilitas umum.

"Seperti berjualan di pinggir jalan utama dekat ke arah pantai. Tentu dilihat tidak bagus dan tidak rapi dikarenakan adanya tenda-tenda," ujarnya.

Ia mengimbau kepada PKL untuk secara aktif dan koperatif dengan sendirinya untuk pindah atau tidak lagi berjualan di Fasilitas Umum (Fasum) dan bibir pantai.

"Kesadaran masyarakat itu penting. Berjualan itu tidak kami larang, tetapi berjualanlah pada tempatnya. Kangan di failitas umum," katanya.

Kata dia, untuk pedagang yang mengerti dan memahami akan dibantu untuk memindahkan barang dagangannya. Sedangkan untuk pedagang yang membandel akan dibuka lapak dagangannya.

"Ikuti aturan, haga kebersihan dan keindahan. Jangan berdagang sembarangan, akhir-akhir ini juga ada pemalakan sehingga kami harapkan agar pengunjung agsr berhati-hati," katanya.

Baca juga: PKL di Kawasan Sawahan Ditertibkan Petugas Satpol PP Kota Padang

Kabid Tibumtranmas Satpol PP Kota Padang, Edrian Edward, Rabu (14/7/2021).
Kabid Tibumtranmas Satpol PP Kota Padang, Edrian Edward, Rabu (14/7/2021). (TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR)

Curhat PKL Atas Penertiban Lapak di Pantai Padang, hingga Jadi Tontonan Masyarakat

Penertiban hari ini petugas menemukan adanya pedagang yang tidak terima dengan penertiban yang dilakukan petugas.

"Karena mereka merasa hidupnya melalui berjualan di kaki lima ini. Namun, tidak boleh sembarang berjualan. Ikuti saja aturan agar tidan terjadi kemacetan dan kota ini tidak semrawut," katanya.

Pedagang yang ditertibakan ada sebanyak 20 pedagang dan diberikan arahan kembali.

"Kita harap para PKL tidak melanggar Perda 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat," katanya.(TribunPadang.com/Rezi Azwar)


https://www.facebook.com/tribunpadangcom/videos/1624838234561749/

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved