Penanganan Covid

8 Provinsi Tercatat Kasus Harian Positif Covid-19 Telah Melandai, Termasuk Sumbar, dan DKI Jakarta

Grafik angka pasien yang terpapar positif Covid-19, hungga kini di sejumlah provinsi di Indonesia mulai melandai.

Editor: Emil Mahmud
TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
Ilustrasi: Pasien Covid-19 di Indonesia 

TRIBUNPADANG.COM, JAKARTA --Grafik angka pasien yang terpapar positif Covid-19, hungga kini di sejumlah provinsi di Indonesia mulai melandai. Ada 8 provinsi yang tercatat kasus hariannya melandai, Termasuk Sumbar, DKI Jakarta hingga Papua Barat.

Sebanyak 15 provinsi terdiri dari; DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, Maluku, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, Papua Barat, serta Sulawesi Selatan.

Adapun 8 provinsi lain tercatat kasus hariannya sudah melandai di antaranya, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Gorontalo, Bengkulu, Lampung, serta Maluku Utara.

Melalui perbaikan tersebut, hingga Kamis (3/3/2022), tren jumlah pasien dirawat di rumah sakit juga terus mengalami penurunan menjadi 32 persen, turun dari hari sebelumnya yang sempat di posisi 33 persen.

Baca juga: Waspadai Lonjakan Omicron, Pemprov Sumbar Siapkan 44 RS Layani Pasien Covid-19

PASIEN ISOLASI PUSKESMAS JURUMUDI - Nakes Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) Puskesmas Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, sedang memberikan pelayanan kepada Pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri, Kamis (17/2/2022). Sebelumnya RIT yang memiliki 75 tempat tidur ini sempat menampung 67 pasien positif Covid-19 yang menjalani isoman dan kini jumlahnya berkurang menjadi 33 orang pasien saja. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PASIEN ISOLASI PUSKESMAS JURUMUDI - Nakes Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) Puskesmas Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, sedang memberikan pelayanan kepada Pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri, Kamis (17/2/2022). Sebelumnya RIT yang memiliki 75 tempat tidur ini sempat menampung 67 pasien positif Covid-19 yang menjalani isoman dan kini jumlahnya berkurang menjadi 33 orang pasien saja. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Selain itu, rata-rata tujuh hari terakhir, positivity rate nasional mengalami penurunan menjadi 16,3 persen minggu ini dibandingkan minggu sebelumnya yang sempat tercatat di 18,2 persen.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid menuturkan, setelah menunjukkan tren perbaikan yang cukup signifikan di akhir Februari lalu, pemerintah optimis akan terus mengendalikan pandemi.

"Juga berusaha menahan agar laju kasus tidak melonjak lebih tinggi lagi, terutama agar tidak membebani sistem layanan kesehatan,” kata dia melalui keterangan resmi yang dikutip, Jumat (4/3/2022).

Angka kasus konfirmasi secara nasional kembali bisa ditekan ke angka 37.259 pada (3/3), setelah sebelumnya sempat naik ke angka 40.920 (2/3).

Untuk angka kesembuhan pasien per hari juga masih terjaga di level 42.193 (3/3), sedikit berubah dari hari sebelumnya yang sempat mencapai 42.935 (2/3).

Serta angka kematian juga kembali bisa ditekan ke angka 232 (3/3) dari hari sebelumnya yang sempat mencapai 376 (2/3/2022).(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 15 Provinsi Alami Penurunan Kasus Covid-19, Mulai DKI Jakarta hingga Papua Barat

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved