Breaking News:

Pemprov Sumbar Dukung Penuh Program Bajak Gratis Tanah Datar, Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Program tersebut diharapkan dapat menekan biaya produksi bagi petani dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Luhak Nan Tuo.

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: afrizal
Prokopim Tanah Datar
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumbar Syafrizal (tengah) saat berdiskusi dengan Wabup Tanah Datar dan Sekda Tanah Datar. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Program bajak gratis di Tanah Datar, Sumbar tidak lama lagi bakal dilaunching.

Program tersebut diharapkan dapat menekan biaya produksi bagi petani dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Luhak Nan Tuo.

Upaya Pemerintah Daerah Tanah Datar tersebut mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumbar Syafrizal mengatakan, program Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memberikan layanan bajak gratis bagi petani itu sangat baik.

Baca juga: Sumatera Barat Termasuk 7 Daerah yang Belum Capai Target 70 Persen Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Hal itu dalam rangka menekan biaya produksi bagi petani dan itu tentu akan dapat meringankan beban petani dalam hal biaya pengolahan lahan.

“Kami dari Dinas Pertanian Provinsi Sumbar akan mendukung penuh program tersebut,"ucap Syafrizal dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (7/1/2022).

Syafrizal menambahkan pihaknya akan bersedia membantu dalam berbagai hal untuk mendukung program bajak gratis tersebut.

Seperti bantuan Alat Mesin Pertanian (alsintan), perbaikan atau servis alsintan yang juga akan diberikan secara gratis oleh Dinas Pertanian provinsi ini.

Ia menyebut, pemakaian alsintan ini akan dapat meningkatkan indeks tanam.

"Program bajak gratis ini sangat mendukung produksi pertanian di Tanah Datar khususnya dan di Sumatera Barat secara umum, semoga ini akan menjadi contoh di daerah lain di Sumatera Barat,” sambungnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved