Breaking News:

BPN Sumbar Bayarkan Uang Ganti Untung Lahan Tol Padang-Pekanbaru Seksi I

Ganti untung  pengadaan jalan tol ruas Padang-Pekanbaru I seksiKapalo Hilalang, Sicincin-Lubuk Alung- Padang oleh BPN Sumbar.

Penulis: Panji Rahmat | Editor: Mona Triana
TribunPadang.com/Panji Rahmat
Pembayaran uang ganti kerugian pengadaan tanah jalan tol ruas padang-pekanbaru, Senin (6/12/2021) 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rahmat Panji

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Ganti untung  pengadaan jalan tol ruas Padang-Pekanbaru I seksiKapalo Hilalang, Sicincin-Lubuk Alung- Padang oleh BPN Sumbar.

Pembayaran ini akan dilakukan oleh BPN Sumbar setelah dilakukan verifikasi ulang.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy membeberkan bahwa pihak BPN akan memberi ganti untung sejak Senin (6/12/2021).

Baca juga: Bagaimana Pengaruh Erupsi Semeru terhadap Gunung Api Aktif di Sumatera Barat?

Baca juga: Menyikapi Kehadiran Varian Omicron, Dinkes Sumatera Barat Terapkan Kewaspadaan Dini

"Uangnya sebenarnya sudah ada sejak sebulan yang lalu, namun agar tidak terjadi tumpang tindih pembayaran, BPN melakukan verifikasi ulang. Hari ini sampai beberapa hari ke depan mulai dibayarkan pada masyarakat," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat penyerahan uang ganti untung lahan di Padang Pariaman, Senin (6/12/2021).

Wagub berharap masyarakat yang telah menerima pembayaran bisa menjadi menginformasikan pada masyarakat pemilik tanah yang lain bahwa penggantian yang dilakukan bukan ganti rugi tapi ganti untung.

Ia menyebut proyek tol Padang-Pekanbaru adalah proyek strategis nasional, bukan proyek provinsi. Uang penggantian lahan langsung dari pusat di bawah koordinasi Kementrian Keuangan, tidak ada hubungannya dengan Gubernur atau Wakil Gubernur.

Sebagai proyek strategis nasional, pembangunannya akan terus dilanjutkan, tidak mungkin dihentikan karena pemerintah sudah mengucurkan ratusan miliar untuk penggantian lahan.

"Banyak berita hoaks beredar bahwa proyek ini dihentikan, Hutama Karya sebagai pelaksana hengkang dari Sumbar dan banyak kabar lain yang dipastikan tidak benar. Masyarakat jangan sampai termakan informasi tidak benar itu," katanya.

Saat ini beberapa provinsi di Sumatera telah tersambung oleh jalan tol. Efeknya untuk perekonomian sangat signifikan. Distribusi barang dan jasa makin lancar. Hal ini pula yang diharapkan bisa terlaksana di Sumbar.

"Kami berharap dukungan semua pihak. Ninik mamak, tokoh masyarakat terutama pemilik lahan untuk bisa mempercepat pembangunan tol ini," ujarnya.

Penyerahan ganti untung lahan tol Padang-Pekanbaru seksi I pada Senin (6/12/2021) itu dilakukan sebanyak 16 bidang tanah masyarakat dengan dana lebih kurang Rp5,6 milliar.

Secara simbolis diserahkan Wakil Gubernur Audy Joinaldy kepada Yusmanita, nomor bidang 029, seluas 2.854 Meter Persegi dengan total nilai uang ganti sebanyak Rp 905. 089.000. diserahkan di Kantor Bupati Padang Pariaman.

Turut hadir pada acara itu, Staf Ahli Ekonomi Pembangunan Prov. Sumbar, Syafrizal Ucok, Wakil Bupati Padang Pariaman, Forkopimda Prov Sumbar, Kepala Kantor Wilayah BPN Sumbar, dan staf ahli, asisten kepala perangkat daerah kabupaten Padang Pariaman serta para penerima uang ganti rugi tanah. (*)


 

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved