Breaking News:

Sosok Kandidat Pangkostrad, Pengganti Jenderal TNI Dudung Abdurachman, yang telah Dilantik Jadi KSAD

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman belum mau mengungkapkan siapa sosok pengganti dirinya sebag

Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman belum mau mengungkapkan siapa sosok pengganti dirinya sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Menurut Dudung, hal itu akan dilaporkannya kepada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan diteruskan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikan Dudung usai dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai KSAD di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). 

"Nanti akan kami laporkan kepada Panglima TNI dan nanti akan dilaporkan kepada bapak Presiden," ujar Dudung.

Baca juga: Tanggapi Kontroversi, Dudung : Saya itu Dulunya Tukang Koran, Jadi Pangdam Sudah Luar Biasa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). (ISTIMEWA)

Ia juga tak mau berspekulasi soal nama yang santer akan menggantikan dirinya sebagai Pangkostrad yakni Pangdam Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

"Belum tahu sampai sekarang," jelas Dudung.

Sudah Dilantik Presiden

Dilansir Tribunnews.com  Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (17/11/2021).

Pengamat Militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi berharap Dudung dapat mendukung dan selaras dengan agenda prioritas Andika sebagai Panglima TNI.

Sebagai pembina kemampuan dan kesiapsiagaan matra darat, kata dia, Dudung sebagai KSAD yang baru nantinya harus memastikan aspek-aspeknya terjaga dengan baik. 

Terutama, kata dia, aspek yang menyangkut integritas dan kapabilitas atau kompetensi prajurit, kesadaran dan kepatuhan pada hukum terutama bagi para personel yang bertugas di wilayah konflik, serta memberikan dukungan kuat bagi upaya pemeliharaan dan peningkatan kemampuan terutama yang berbasis teknologi. 

"Kita berharap, KSAD yang baru juga mendukung dan selaras dengan agenda prioritas Panglima TNI terutama dalam konteks menjalankan tugas dengan benar-benar berpegang kepada peraturan perundangan," kata Fahmi saat dihubungi Tribunnews.com pada Rabu (17/11/2021).

Selain itu ia juga berharap Dudung tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak relevan atau yang menjadi tanggungjawab dan kewenangan kementerian atau lembaga lain.

"Tampil apa adanya dan tidak merasa superior," lanjut Fahmi.  (Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda)

Tulisan ini diulas dari artikel yang telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Resmi Jadi KSAD, Letjen Dudung Diharap Dukung dan Selaras dengan Agenda Prioritas Jenderal Andika dan Siapa Sosok Pangkostrad yang Baru, Ini Kata KSAD Jenderal Dudung

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved