Breaking News:

Walikota Padang Hendri Septa Kukuhkan Pemuda Peduli Cagar Budaya Kota Padang

Bebragai literatur sejarah sudah menjelaskan  bagaimana peran penting Kota Padang semasa penjajahan colonial Belanda. Kota Padang banyak disebut sebag

Penulis: Panji Rahmat | Editor: Mona Triana
TribunPadang.com/Panji Rahmat
Wali Kota Padang sedang menyematkan Pin pada pemuda peduli cagar budaya kota padang Senin (25/10/2021) 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rahmat Panji

TRIBUNPADANG.COM, PADANG – Bebragai literatur sejarah sudah menjelaskan bagaimana peran penting Kota Padang semasa penjajahan colonial Belanda. Kota Padang banyak disebut sebagai pintu gerbang bagi negara-negara yang berada di wilayah Hindia.

Sebagai pintu gerbang sudah tidak  terhitung berapa jmulah negara asing yang pernah singgah dan menduduki wilayah Kota Padang, sehingga membuat beragam jenis suku bangsa dan etnis menetap di daerah ini dari dulu samppai sekarang.  

Baca juga: Akibat Cuaca Buruk di Kota Padang, Longsor Timbun Badan Jalan Padang - Painan

Baca juga: Seusai Menyekap Penghuni Rumah di Kota Padang, Pelaku Bawa Kabur Mobil hingga Perhiasan Milik Korban

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Padang Hendri Septa usai mengukuhkan Pengurus Komunitas Pemuda Peduli Cagar Budaya (PPCB) Kota Padang di 11 Kecamatan se-Kota Padang di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Jalan Imam Bonjol, Senin (25/10/2021).

Menurut wali kota, pembuktian bangsa asing yang pernah singgah dan menduduki Kota Padang dapat dilihat dengan adanya sisa peradaban yang ditinggalkan sampai saat ini.

Baca juga: Pohon Pisang Unik di Kota Padang, Mirip Sedang Hamil, Ternyata Ada Tandan Buah di Dalam Batang

Baca juga: Berlangsung saat Pandemi Kejuaraan Bola Voli Wali Kota Padang Cup U 22 Ikuti Prokes

Peninggalan itu di antara bisa dilihat di sepanjang Sungai Batang Arau seperti adanya bangunan kota tua, jembatan Sitinurbaya dan yang berada di Gunung Padang.

"Bangunan-bangunan cagar budaya tersebut harus kita rawat dan jaga bersama agar bisa dilestarikan sekaligus sebagai bentuk upaya kita dalam menjaga kearifan budaya lokal yang di miliki Kota Padang," ujar Wako Hendri Septa.

Baca juga: Kejuaraan Bola Voli Wali Kota Padang U-22, Ketua Harian PBVSI: Berharap Bisa Bersihkan Administrasi

Wali Kota Padang Berharap, dengan dibentuknya PPCB Kota Padang ini diharapkan dapat bergerak masif , terkoordinir dan bertanggung jawab untuk melestarikan dan menjaga seluruh kawasan bangunan cagar budaya di Kota Padang.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang saya ucapkan selamat atas dibentuknya Komunitas PPCB Kota Padang. Semoga ini menjadi wadah bagi generasi muda di Kota Padang untuk menjaga warisan bangsa kita," pungkas Wako Hendri Septa.

Baca juga: Lowongan Kerja Kota Padang: Dibutuhkan Pramuniaga di Toko Buku Sari Anggrek

Baca juga: Kota Padang Gandeng Tokoh Agama Ajak Masyarakat untuk Vaksin, Hendri Septa: Ada 1500 Mubalig

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Habibul Fuadi mengatakan, bahwa pengurus dari Komunitas PPCB Kota Padang ini terdiri dari unsur Karang Taruna Kota Padang, pelajar tingkat SLTP serta unsur terkait lainnya.

"Pengukuhan Komunitas PPCB Kota Padang merupakan ujung tombak dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang dalam melestarikan cagar budaya di Kota Padang. Sekaligus sebagai ajang bagi generasi muda untuk ikut ambil bagian alam menyosialisasikan kepada masyarakat tentang bangunan peninggalan bersejarah di Kota Padang," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved