Breaking News:

Tol Padang Pekanbaru

Gubernur Sumbar Mahyeldi Minta Pembebasan Lahan, Tol Padang-Sicincin Fokus ke Persil Tanah

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi meminta upaya pembebasan lahan tol Padang-Pekanbaru seksi Padang- Sicincin fokus dilakukan pad

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA
Suasana Rapat pembahasan progres jalan tol Padang-Sicincin, Kamis (16/9/2021). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi meminta upaya pembebasan lahan tol Padang-Pekanbaru seksi Padang- Sicincin fokus dilakukan pada persil tanah sehingga jika terjadi kendala bisa segera diselesaikan.

"Ke depan selesaikan persil tanah supaya bisa fokus menyelesaikan kendala yang dihadapi," katanya saat memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Pembebasan Lahan Tol di Padang, Kamis (16/9/2021).

Berdasarkan data pembebasan lahan ada beberapa titik yang terkendala. 

Akibatnya tim Hutama karya tidak bisa masuk ke lahan yang telah dibebaskan sehingga pengerjaan fisik juga terhambat.

Ia menegaskan, harus diupayakan agar lahan itu menjadi prioritas untuk dibebaskan dengan memanfaatkan segala potensi yang ada di tim pembebasan lahan agar pengerjaan fisik bisa berjalan.

Gubernur mengatakan saat ini ada tambahan anggaran sebesar Rp300 miliar yang bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses pembebasan lahan.

"Harus juga diupayakan lahan yang telah selesai pengukuran dan dokumennya lengkap untuk langsung dibayarkan ganti kerugiannya. Hal itu sekaligus untuk memotivasi pemilik lahan lain agar prosesnya bisa cepat," sambungnya.

Sementara itu Project Director Jalan Tol Padang-Sicincin PT Hutama Karya, Marthen Robert Singal progres pembangunan jalan tol seksi sicincin Padang realisasi 45, 269 persen.

Terjadi deviasi progres pelaksanaan konstruksi sebesar 42,876 persen disebabkan karena lahan yang sudah bebas sepanjang 13,8 kilometer tidak bisa dikerjakan seluruhnya karena lahannya tidak menerus dan tidak bisa dimasuki sebab masih ada spot-spot yang belum bebas.

Tindak lanjut yang telah dilakukan adalah berkoordinasi dengan BPN dan PPK Pengadaan Tanah serta pemerintah daerah untuk mempercepat pembebasan lahan dengan bebas secara menerus sehingga pekerjaan dapat dilaksanakan dengan maksimal. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved