Breaking News:

Berita Padang Hari Ini

Lapas Padang Antisipasi Terjadi Insiden Seperti di Lapas Tangerang, Giatkan Patroli ke Seluruh Area

Guna mengantisipasi insiden kebakaran di Lapas Tenggerang, maka Lapas Klas IIA Padang melakukan pemeriksaan terhadap aliran listrik, Rabu (8/9/2021)

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.HUMAS LAPAS KELAS IIA PADANG
Petugas Lapas Klas IIA Padang saat melakukan razia kamar hunian, Rabu (8/9/2021). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Guna mengantisipasi insiden kebakaran di Lapas Tengerang, maka Lapas Klas IIA Padang melakukan pemeriksaan terhadap aliran listrik, Rabu (8/9/2021).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat No: W3.OT. 02.02-229 tanggal 8 September 2021 perihal Pencegahan dan Penanggulangan Keadaan Darurat dan Bencana pada UPT Pemasyarakatan. 

Dalam surat edaran yang terdiri atas 5 poin tersebut, Kakanwil R Andika Dwi Prasetya meminta seluruh jajaran pemasyarakatan khususnya yang ada di Lapas dan Rutan agar melakukan beberapa hal.

Dilakukannya upaya pencegahan dan penanggulangan sesuai Keputusan Dirjenpas Nomor: PAS-57.OT.02.02 Tahun 2019.

Membentuk Tim Siaga berasal dari Regu pengamanan yang diberi peningkatan kapasitas di seluruh kawasan Lapas atau Rutan.

Utamanya, melakukan patroli rutin ke seluruh area Lapas atau Rutan baik dari dalam maupun luar bersamaan dengan patroli rutin harian.

Hal itu sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan keadaan darurat dan bencana, serta atensi untuk melakukan koordinasi dengan instansi keamanan dan penanggulangan bencana setempat. 

Kepala Lapas (Kalapas) Klas IIA Padang, Era Wiharto, menyatakan bahwa salah satu langkah tanggap jajaran terkait edaran Kakanwil diatas.

"Yaitu dengan melakukan kegiatan penertiban yang merupakan upaya deteksi dini cegah terjadinya hal serupa seperti yang baru saja dialami oleh Lapas Klas I Tanggerang," kata Era Wiharto.

Kata dia, insiden tersebut memberikan sebuah pembelajaran untuk lebih waspada lagi terhadap hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved