Breaking News:

Ganjar, AHY dan Anies Masuk 3 Besar Elektabilitas Tokoh dan Parpol di Indonesia, Hasil Survei CISA

Sekitar 16,92 persen responden memilih Ganjar Pranowo disusul Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meraup 16,83 persen dan ketiga Anies Baswedan mendapatka

Editor: Emil Mahmud
KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menempati tiga besar elektabilitas tokoh dan parpol di Indonesia saat ini hasil survei Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) baru-baru ini. 

TRIBUNPADANG.COM, BANDUNG - Sekitar 16,92 persen responden memilih Ganjar Pranowo disusul Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meraup 16,83 persen dan ketiga Anies Baswedan mendapatkan 16,75 persen menempati tiga besar elektabilitas tokoh dan parpol di Indonesia saat ini.

Demikian hasil survei Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) menyusul rilis hasil surveinya, yang bertajuk "Pandemi: Persepsi Publik dan Tren Politik Terkini".

Hasil survei tersebut merupakan review termin ketiga survei berkala, yang telah dilakukan sebelumnya pada bulan Mei 2021.

Mengenai tren politik terkini terkait elektabilitas tokoh dan parpol menuju pemilu tahun 2024 terproyeksikan jika pilpres dan pileg dilakukan hari ini.

“Terdapat 16,92 persen responden memilih Ganjar Pranowo yang membuatnya unggul dari semua kandidat setelah pada periode survei CISA sebelumnya didominasi oleh Anies Baswedan yang harus puas berada di posisi ketiga dan mendapatkan 16,75 persen," kata Herry Mendrofa, Direktur Eksekutif CISA, melalui siaran tertulis yang diterima, Minggu (5/9/2021).

"Posisi kedua masih dipegang oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang terus menunjukkan konsistensi kenaikan elektabilitasnya dengan meraup 16,83 persen,” ujar Herry.

Menariknya, Airlangga Hartarto justru menunjukkan peningkatan signifikan terhadap elektabilitasnya, sedangkan Prabowo Subianto mengalami penurunan.

Baca juga: Hasil Survei Spektrum Politika: Elektabilitas Ganjar Teratas, Prabowo dan Anies Membayangi

“Prabowo Subianto justru menunjukkan penurunan elektabilitas dari bulan Mei 2021 dan hanya mendapatkan 10,08 persen."

Airlangga Hartarto menunjukkan peningkatan signifikan dan meraih 7,58 persen, disusul Ridwan Kamil 5,92 persen, Sandiaga Uno 5,08 persen, Muhaimin Iskandar 5 persen, Puan Maharani 3,67 persen, serta yang Tidak Tahu/Tidak Menjawab sebanyak 12,17 persen,” kata Herry.

Di sisi lain, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga saat ini mendominasi peta elektoral parpol di Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved