Breaking News:

Advertorial

Cegah Penyebaran HIV, SPH Buka Poli VCT (Voluntary Counseling and Testing)

HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4.

Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.HUMAS PT SEMEN PADANG
Kepala VCT Semen Padang Hospital dr. Abdul Rahman 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Guna menurunkan angka kejadian HIV dan angkat kematian pada HIV khususnya di Sumatera Barat, Semen Padang Hospital membuka Poli Voluntary Counseling and Testing (VCT).

Kepala VCT Semen Padang Hospital dr. Abdul Rahman mengungkapkan, upaya pengobatan HIV perlu untuk dilakukan agar kasus kematian akibat virus tersebut dapat dicegah.

"Kasus HIV di Indonesia cenderung fluktuatif, meskipun seperti itu, namun data kasus HIV terus meningkat dari tahun ke tahun, dimana jumlah kasus HIV di indonesia mencapai puncaknya pada tahun 2019, yaitu sebanyak 50.282 ,”katanya.

Untuk kasus HIV di Sumatera Barat sendiri pada tahun 2019 yaitu 474 kasus. Sementara pada 2020 dari bulan Januari-September 2020 sebanyak 32.293 kasus dan untuk Sumateta Barat yaitu 234 kasus.

"Tentunya angka ini akan terus meningkat jika tidak ada upaya penanganan dan pencegahan, yang perlu diingat kasus HIV/AIDS yang dilaporkan tidak menggambarkan jumlah Orang yang terinfeksi HIV/AIDS. Hal ini erat kaitannya dengan fenomena gunung es karena angka kejadiannya di masyarakat jauh lebih besar dibandingkan dengan angka yang dilaporkan, apalagi sejak pandemi covid 19 angka yang dilaporkan dan didapatkan pun semakin rendah" ujarnya.

Ia menjelaskan, HIV dapat ditularkan melalui pertukaran berbagai cairan tubuh dari orang yang terinfeksi, seperti darah, penggunaan jarum suntik secara bebas, penggunaan napza, ASI (Air Susu Ibu yang terinfeksi HIV), semen cairan mani dan cairan vagina.

HIV juga dapat ditularkan dari seorang ibu ke anaknya selama kehamilan dan persalinan. Orang tidak dapat terinfeksi melalui kontak sehari-hari seperti mencium, berpelukan, berjabat tangan, atau berbagi benda pribadi, makanan, atau air.

Menurut Dokter Abdul, ada berbagai cara yang dikenal dengan singkatan ABCDE untuk pencegahan penularan virus HIV antara lain:

A. (Abstinence) :absen seks atau tidak melakukan hubungan seks bagi yang belum menikah

B. (Be faithful) bersikap saling setia kepada 1 pasangan

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved