Breaking News:

Bangun Datar pada Gambar Pawai Budaya, Kelompokkan Mana yang Termasuk Segi Banyak dan Bukan?

Berdasarkan bangun datar yang kamu temukan pada gambar pawai budaya, kelompokkan mana yang termasuk segi banyak dan bukan segi banyak.

Editor: Saridal Maijar
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Bangun Datar pada Gambar Pawai Budaya, Kelompokkan Mana yang Termasuk Segi Banyak dan Bukan? 

TRIBUNPADANG.COM - Berdasarkan bangun datar yang kamu temukan pada gambar pawai budaya, kelompokkan mana yang termasuk segi banyak dan bukan segi banyak.

Pertanyaan tersebut merupakan soal Buku Tema 1 Kelas 4 SD/MI halaman 17, Pembelajaran 2 Subtema 1 yang berjudul Keberagaman Budaya Bangsaku.

Subtema 1 ini merupakan bagian dari Buku Tema 1 berjudul Indahnya Kebersamaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Berikut pertanyaan dan kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 17:

Berdasarkan bangun datar yang kamu temukan pada gambar pawai budaya, kelompokkan mana yang termasuk segi banyak dan bukan segi banyak. Jelaskan alasanmu!

Jawaban:

Bangun segi banyak: Persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, jajar genjang, layang-layang, dan belah ketupat.

Alasan: Pada bangun tersebut, garisnya tidak terputus, melainkan saling bersambung. Bangun tersebut minimal memiliki 3 buah sisi. Jumlah sudut sama banyak dengan jumlah sisi. Sisinya dibatasi oleh garis lurus (tidak melengkung).

Bangun yang bukan segi banyak: Lingkaran, oval, 3/4 lingkaran, bentuk bulan sabit, bentuk hati dan lain-lain.

Alasan: Bangun tersebut hanya terdiri atas garis saja, dibentuk oleh kurva lengkung, tidak selalu memiliki sudut, dan tidak selalu memiliki sisi berupa garis lurus.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved