Breaking News:

Perlintasan Sebidang Tanggung Jawab Siapa? Simak Hasil FGD PT KAI Divre II Sumbar dan KNKT

Kepala PT KAI Divre II Sumbar, Miming Kuncoro mengatakan, keselamatan di perlintasan sebidang adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, operato

TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Pihak kepolisian saat berada di lokasi kecelakaan antara kereta api dan mobil di Lubuk Buayo, Padang, Selasa (4/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Tingginya angka kecelakaan dan korban di perlintasan sebidang menjadi salah satu perhatian yang dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar PT KAI Divre II Sumbar bersama Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) di Hotel Pangeran City, Kota Padang, Rabu (8/6/2021).

Kepala PT KAI Divre II Sumbar, Miming Kuncoro mengatakan, keselamatan di perlintasan sebidang adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, operator, dan masyarakat.

Oleh karena itu, menurutnya, diperlukan upaya dan kepedulian bersama sehingga bisa menekan kecelakaan lalu lintas antara kendaraan jalan raya dan kereta api.

Baca juga: KRONOLOGI Kecelakaan Kereta Api Vs Mobil Agya di Padang, Sopir dan Penumpang Berhasil Keluar

Baca juga: Kecelakaan Kereta Api Bandara Vs Minibus di Simpang SMA 8 Padang, Mobil Putih Remuk

Miming Kuncoro menyebut, fatality (korban meninggal) akibat kecelakaan di perlintasan sebidang yang ada di Sumbar pada 2020-2021 sekitar 35-36 orang.

"Sumbar frekuensi paling banyak tapi fatality paling minim, hampir tidak ada isu fatality. Beda dengan Jawa, di Jawa sekali kejadian fatality bisa 1 atau 2 bahkan beberapa yang ekstrem satu minibus bisa meninggal semua," ujar Miming Kuncoro.

Menurutnya kecelakaan itu terjadi karena faktor kecepatan.

Kemudian susunan rangkaian karena semakin berat semakin sulit berhenti.

"Kalau di Sumbar jalan kereta pelan, kalau nabrak mudah berhenti sehingga fatality rendah," ujar Miming Kuncoro.

Sementara itu, Ketua Sub Komite Insvestigasi  Kecelakaan Perkeretaapian KNKT, Suprapto menyampaikan, perlu komitmen bersama dari para pihak pemangku kepentingan sesuai dengan kewenangan yang sudah diatur.

Halaman
12
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved