Breaking News:

Berita Padang Hari Ini

Bank Eco Enzyme Segera Hadir di Kota Padang, Jadi Percontohan untuk Pengurangan Sampah

Komunitas Eco Enzyme Sumatera Barat (Sumbar) bersama Bank Sampah Unit Andalas Sepakat mendirikan Bank Eco Enzyme di Kota Padang, Provinsi Sumbar

ISTIMEWA
Ilustrasi: Proses pembuatan eco enzyme di Bank Sampah Tuh Basamo di Jalan Tuangku Sasak, Kejorongan Kapa Utara, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati.

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Komunitas Eco Enzyme Sumatera Barat (Sumbar) bersama Bank Sampah Unit Andalas Sepakat mendirikan Bank Eco Enzyme di Kota Padang, Provinsi Sumbar.

Direktur Bank Sampah Unit Andalas Sepakat Syaifuddin Islami mengatakan Bank Eco Enzyme Padang akan menjadi lembaga penyedia eco enzyme bagi aktivitas lingkungan baik untuk air, udara, tanah, dan keperluan rumah tangga.

Tidak hanya itu, Bank Eco Enzyme ini nantinya akan mengajak masyarakat Kota Padang untuk terlibat dalam memilah, mengolah, dan menabung eco enzyme.

Dijelaskannya, eco enzyme merupakan hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran yang dicampurkan gula merah dan didiamkan dalam air sekitar tiga bulan.

"Eco Enzyme bisa menyuburkan tanah sebagai dekomposer, bisa sebagai filter air, menurunkan asap dalam ruangan, menurunkan efek gas rumah kaca, bisa sebagai filter udara dan bisa dimanfaatkan menjadi sabun cuci piring, cuci baju, sampo dan lainnya," kata Syaifuddin, Senin (7/6/2021).

Syaifuddin mengatakan eco enzyme merupakan temuan dari dr. Rosukon dari lembaga pertanian organik Thailand. 

Jika dihitung dari timbunan sampah yang ada di rumah tangga, maka lebih dari 50 persen adalah jenis sampah organik. 

Dari total sampah organik, maka kulit buah dan potongan sayuran ini menjadi porsi yang besar hingga mencapai 50 persen.

"Formula eco enzyme menggunakan rumus 1:3:10.  1 bagian adalah gula merah, 3 bagian kulit buah atau potongan sayuran atau dedaunan, 10 bagian air," ungkapnya. 

Halaman
12
Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved