Breaking News:

Wako Pariaman Genius Umar Terima Penghargaan Dalam Pencapaian Kapabilitas APIP Level 3 dari BPKP RI

Walikota Pariaman Genius Umar terima penghargaan dalam pencapaian Kapabilitas APIP Level 3 untuk inspektorat Kota Pariaman.

Diskominfo Pariaman
Walikota Pariaman Genius Umar saat terima penghargaan dari Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi RI, di Auditorium Gubernur Sumbar, Kamis (3/6/2021) 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN - Walikota Pariaman Genius Umar terima penghargaan dalam pencapaian Kapabilitas APIP Level 3 untuk inspektorat Kota Pariaman.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Deputi Kepala BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Bidang Investigasi RI, Agustina Arumsari.

Genius Umar dinilai berhasil sebagai kepala daerah dalam mewujudkan peningkatan tata kelola pembangunan dan keuangan di Kota Pariaman.

Baca juga: Genius Umar Minta Limpahkan Kembali, Kewenangan Pengelolaan Konservasi Penyu ke Pemko Pariaman

Baca juga: Kunjungan KKP ke Kota Pariaman, Menteri Sakti Wahyu Trenggono: Minta Perlebar Wilayah Mangrove

Baca juga: Apar Pariaman Mangrove Park Dikunjungi 5.000 Orang dalam Sebulan, Termasuk Mahasiswa Penelitian

Penghargaan ini diterima Genius Umar dalam acara Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Daerah di Auditorium Gubernur Sumatera Barat, Kamis (3/6/2021).

Pada kesempatan tersebut rapat koordinasi yang bertemakan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah, dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Rakor ini juga diikuti oleh Kepala Satgas KPK RI,  Inspektur III Irjen Kemendagri, Kepala BPKP Provinsi Sumbar, Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Walikota dan Bupati serta Kepala Inspektur se Provinsi Sumatera Barat. 

Baca juga: Bangun Kota Pariaman Berbasis Ekologi, Masyarakat Diapresiasi Wako Genius Umar

Baca juga: Wali Kota Pariaman Genius Umar Apresiasi Kinerja Disparbud dalam Menggenjot PAD

Baca juga: KISAH Pedagang Asongan di Pantai Gandoriah Pariaman, Kakek Baharuddin Menginjak Usia 80 Tahun

Genius Umar sambut baik penghargaan tersebut, karena menjadi modal dan pembuktian bagi Kota Pariaman sebagai daerah terbaik dalam hal Akuntabilitas Keuangan daerah di Sumbar.

"Kapabilitas APIP yaitu kemampuan untuk melaksanakan tugas–tugas pengawasan yang terdiri dari tiga unsur yang saling terkait yaitu kapasitas, kewenangan, dan kompetensi SDM.

Lebih lanjut Genius menjelaskan, bahwa dengan telah diperolehnya Kapabilitas APIP level 3 ini, berarti kemampuan APIP di lingkungan Inspektorat Kota Pariaman telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, dan ekonomis terhadap suatu kegiatan.

Baca juga: Petugas Satpol PP Kelilingi Pantai Gandoriah dan Pantai Kata Pariaman, Perketat Protokol Kesehatan

Baca juga: Satpol PP Pariaman Lakukan Pengawasan di Kawasan Objek Wisata Kota Pariaman saat Hari Libur Nasional

Baca juga: Pemko Pariaman Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

"Begitupun dengan kemampuan memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian internal,” ungkap Genius. 

Genius mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menjadikan pemerintah Kota Pariaman yang bersih.

"Good goverment dan clean government, sehingga kita terhindar dari tindak korupsi yang merugikan negara dan daerah, serta menciptakan pembangunan yang efektif dan efisien demi kesejahteraan masyarakat kita," pungkas Genius. (*)

 
 

Penulis: Wahyu Bahar
Editor: Mona Triana
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved