Breaking News:

Citizen Journalism

Fenomena Patahan Besar Sumatera, dan Delineasi Kawasan Geopark Ranah Minang

PATAHAN Besar Sumatera ( The Great Sumatran Fault ) merupakan fenomena geologi yang "megah" membentang sepanjang 1900 km mulai dari Teluk Semangko La

Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.KETUA IAGI SUMBAR/DISPAR SUMBAR
Ilustrasi: Peta delineasi Geopark Ranah Minang (Dinas Pariwisata Sumbar) 

Oleh Dian Hadiyansyah, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Provinsi Sumbar dan Anggota Tim Pokja Geopark Ranah Minang

PATAHAN Besar Sumatera ( The Great Sumatran Fault ) merupakan fenomena geologi yang "megah" membentang sepanjang 1900 kilometer/KM mulai dari Teluk Semangko Lampung di bagian selatan hingga ke Aceh di bagian utara dengan mekanisme pergerakan geser vertikal ( strike-slip vertical).

Sieh dan Natawidjaja (2000) dalam Neotectonics of The Sumatran Fault, Indonesia, menyebutkan bahwa Patahan Besar Sumatera merupakan salah satu fenomena geologi berkelas dunia berasosiasi dengan peristiwa kegempaan dan gunungapi yang masih aktif hingga saat ini.

Patahan Besar Sumatera memiliki beberapa segmen (bagian) yang masing-masing segmen bisa aktif secara parsial.

Sumatera Barat dilewati oleh 5 (lima) segmen Patahan Besar Sumatera antara lain: Suliti, Sumani, Sianok, Sumpur dan Barumun.

Baca juga: Gempa Mentawai - SPH Kota Padang Arahkan Pasien Keluar Gedung, Kondisi Darurat Siagakan Tim K3RS

Neotectonic of Sumatran Fault Indonesia (Sieh dan Natawidjaja, 2000)
Neotectonic of Sumatran Fault Indonesia (Sieh dan Natawidjaja, 2000) (ISTIMEWA/DOK.KETUA IAGI SUMBAR)

Baca juga: Bukittinggi 4 Kali Dioyak Gempa Bumi dalam Waktu 6 Jam, BMKG: Hari Ini Tidak Ada Gempa Susulan

Baca juga: UPDATE Gempa 7,2 SR di Nias Barat, BMKG Sebut Ada 3 Kali Gempa Susulan

Secara bentang alam masing-masing segmen memiliki keunikan dan keindahan yang layak diangkat sebagai warisan geologi ( geological heritage).

Salah satunya adalah Danau Singkarak yang terbentuk akibat proses pembentukan cekungan pisah tarik ( pull a part basin) di segmen Sumani.

Proses pembentukan Danau Singkarak masih berlangsung sampai sekarang, bahkan menurut Sieh dan Natawidjaja (2000) offset patahan yg ada di Singkarak merupakan salah satu terpanjang di Sumatera (20-22 km).

Delineasi kawasan GRM UGG tidak hanya daerah Singkarak saja, tetapi meliputi 11 Kabupaten/Kota baik yang berstatus Aspiring Geopark (AG) maupun yg sudah menjadi Geopark Nasional (GN) dengan tema "The Evidence of Great Sumatran Fault on West Sumatera".

Kabupaten/Kota yang tergabung dalam delineasi GRM UGG antara lain Dharmasraya, Solok Selatan, Sijunjung, Sawahlunto, Solok, Tanah Agam, Bukittinggi, Pasaman, Pasaman Barat dan Lima Puluh Kota.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved