Breaking News:

Wali Kota Pariaman Genius Umar Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021

Polres Pariaman menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Singgalang di halaman Mapolres Pariaman, Rabu (5/5/2021).

IST/Diskominfo Pariaman
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat memimpin apel Operasi Ketupat Singgalang 2021, di Mapolres Pariaman, Rabu (5/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN - Polres Pariaman menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Singgalang di halaman Mapolres Pariaman, Rabu (5/5/2021).

Apel dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 ini, dipimpin oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar.

Komando apel ialah Ipda Afrizal Sahar dengan peserta apel gabungan personel dari Kodim 0308 Pariaman, Polres Pariaman, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar, BPBD Kota Pariaman dan Tim Dinas Kesehatan Kota Pariaman.

Baca juga: 1.169 Orang Terima Manfaat Program Pariaman Takwa, Imam Masjid hingga Garin Dapat Bantuan

Selanjutnya, Operasi ketupat Singgalang 2021 tersebut, akan dilaksanakan selama 12 hari, dimulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Operasi ketupat Singgalang 2021 akan dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan pencegahan, didukung deteksi dini dan penegakan hukum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Wali Kota Pariaman Genius Umar membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo.

"Kita melaksanakan apel gelar pasukan di masa pandemi covid-19, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H / 2021," ujar Genius.

Baca juga: Posyandu Lansia Kota Pariaman Dapat Apresiasi dari Kemenkes RI dan Akademisi Kesehatan Sumbar

Tambah dia, pengecekan akhir tersebut juga dilihat pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

"Mengingat masih dalam situasi pandemi covid-19, keterlibatan pasukan dalam apel kali ini memang sengaja tidak terlalu besar, namun diharapkan sudah mewakili semua unsur yang terlibat dalam operasi sehingga kita dapat menilai kesiapsiagaanya," ujar Genius.

Tahun ini, pemerintah melarang kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021.

Ini adalah tahun kedua di mana pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melarang warga masyarakat melakukan perjalanan mudik pada libur hari raya Idul Fitri, karena situasi pandemi covid-19.

Baca juga: Dinamika Politik Munculnya Partai Ummat, DPD PAN Kota Pariaman: Rapatkan Barisan, Tetap Fokus

Dalam sambutannya, terang Genius, semua pihak harus bahu-membahu bersinergi dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menekan laju perkembangan covid-19.

Operasi Ketupat Singgalang 2021, akan melibatkan 90.592 personel Polri, 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait lainnya yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja.

"Semoga pelaksanaan lebaran Idul Fitri tahun 2021 ini dapat berjalan baik, aman dan kondusif serta jauh dari kluster Covid-19," pungkas Genius. (*)

Penulis: Wahyu Bahar
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved