Breaking News:

Gempa Mentawai

Getaran Gempa Mentawai: Benda Ringan Digantung di Rumah, Bergoyang di Bukittinggi dan Payakumbuh

Update gempa 5.9 SR guncang kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (5/5/2021), warga di sejumlah daerah ikut merasakan getarannya.

TribunPadang.com/Rima Kurniati
Ilustrasi: Jam Gadang 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Update gempa 5.9 SR guncang kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (5/5/2021), warga di wilayah se-Sumbar turut merasakan getarannya.

Sebelumnya, dikabarkan gempa kali ini terjadi pada Rabu sekira pukul 08.24 WIB, yang berpusat di Tuapejat, Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Irwan Slamet, mengatakan sejauh ini gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Pihaknya berharap masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dia mengingatkan, saat terjadinya gempa untuk menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Gempa tektonik terjadi pukul 08.24 WIB di wilayah Mentawai. Hasil analisis menunjukkan informasi awal gempa berkekuatan Mw=5,8 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi  Mw=5,7," kata Irwan Slamet.

Ia menyebutkan, episenter gempa terletak pada koordinat 2,06 LS dan 99,59 BT -- tepatnya berlokasi di darat -- jarak 1 km arah Timur Kota Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Selain itu, imbuhnya gempa tersebut memiliki kedalaman 41 kilometer/KM.

Dia menambahkan setelah memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Halaman
1234
Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved