Breaking News:

UNP Raih 5 Besar Publikasi Internasional Terindeks Scopus Nasional 2021, Sebelumnya Peringkat 27

UNP raih prestasi dalam publikasi ilmiah internasional bereputasi terindeks Scopus tahun 2021 (Univeristy Rangking 2021 - Scimago Insitutions Ranking

unp.ac.id
Universitas Negeri Padang 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Universitas Negeri Padang (UNP) raih prestasi dalam publikasi ilmiah internasional bereputasi terindeks Scopus tahun 2021 (Univeristy Rangking 2021 - Scimago Insitutions Rankings), peringat kelima.

Rektor UNP Prof Ganefri mengatakan, ini didapatkan berdasarkan atas kinerja luaran dosen UNP berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan pada Jurnal dan Proseding internasional serta dokumen lain yang terindeks yang dinilai dalam empat tahun terakhir, yaitu tahun 2015 -2019.

Adapun 10 besar Perguruan Tinggi yang dalam masuk perankingan ini adalah; Universitas Indonesia, UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Hasanuddin, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Padang, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Lampung.

Baca juga: Peserta UTBK 2021 UNP Mencapai 18.095 Orang, Meningkat Dibanding Tahun Sebelumnya

Prof Ganefri menyatakan, bahwa hasil yang diperoleh UNP tahun 2021 ini, merupakan kerja keras semua pihak dalam menulis artikel, yang merupakan publikasi hasil penelitian.

Lebih lanjut, Prof Ganefri mengharapkan komitmen dan kinerja dosen untuk terus menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas dan diindeks oleh lembaga bereputasi internasional.

"Kita jangan merasa puas dulu, tetapi bagaimana menjaga performa sekaligus meningkatkan prestasi terkait, menjadi yang lebih penting, karena itu," kata Ganefri melalui keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Dikatakannya, UNP sejak tahun 2017 yang lalu telah memberikan reward bagi dosen yang karyanya lolos di jurnal internasional bereputasi seperti jurnal terindeks Scopus, WOS dan lain-lain.

Baca juga: Wapres RI Tuntaskan Kunjungan di Kota Pariaman, Tanda Tangani Prasasti Pasar Rakyat dan GOR UNP

Sementara itu, Kepala LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNP, Yohandri, menyampaikan perjalanan UNP dalam University Rangking -Scimago Insitutions Rankings ini, dimulai sejak tahun 2020.

Saat itu, UNP baru berada di rangking ke-27 nasional, karena sebelum tahun 2020 UNP belum masuk zona perankingan tersebut.

"Jadi hasil yang diraih lima besar secara nasional tahun 2021 ini, merupakan hasil yang patut dibanggakan," kata alumnus Program Doktor Fisika Chiba University Jepang ini. (*)

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved