Breaking News:

54 Varietas Unggul Dikembangkan Balitbu Tropika Aripan Solok, Komoditas Aneka Tanaman Buah

Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika di Aripan Solok, Sumatera Barat (Sumbar)  mendapat mandat mengembangkan komoditas unggulan da

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.Com /RIZKA DESRI YUSFITA
Kebun Percobaan Aripan yang berada di kawasan Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika di Aripan Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Foto diambil, Jumat (9/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika di Aripan Solok, Sumatera Barat (Sumbar)  mendapat mandat mengembangkan komoditas unggulan dan trendsetter buah tropika. 

Kepala Balitbu Tropika, Ellina Mansyah mengungkapkan komoditas unggulan di Balitbu ialah mangga, manggis, durian, pisang hingga pepaya.

Sementara komoditas trendsetter yaitu sukun untuk alternatif pangan.

Masing-masing komoditas tersebut ada varietas yang dihasilkannya.

"Sejak berdiri 1984, Balitbu Tropika sudah menghasilkan 54 varietas unggul dari berbagai jenis komoditas tanaman buah," ungkap Ellina Mansyah kepada TribunPadang.com disela-sela kunjungan Menteri Pertanian, Jumat (9/4/2021).

Ellina Mansyah menuturkan, varietas yang dihasilkan itu nanti benihnya di buat, tetapi tugas Balitbu hanya sampai menyiapkan benih sumber. 

Baca juga: 1 Ton Daging Impor Australia Kiriman dari Pekanbaru Terjual, Sepekan Dijual di Pasar Raya Padang

Baca juga: Tarif Rapid Test Antigen di 43 Stasiun Turun Harga, Berlaku Mulai 9 April

Benih sumber itu ialah benih indukan. Benih indukan ini yang akan didistribuikan kepada penangkar benih atau perusahaan-perusahaan untuk produksi benih.

"Benih bukan untuk ditanam lagi, tapi untuk induk. Dari indukan itu disebar ke seluruh Indonesia itu untuk diperbanyak," terangnya.

Sementara untuk benih sebarnya, kata dia, Balitbu bekerja sama dengan swasta untuk memperbanyak. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved