Breaking News:

Berita Pessel Hari Ini

Badai Angin Kencang Landa Sebagian Pessel, BPBD: Update Musibah di Kecamatan Pancung Soal

Dua bangunan masjid mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang Senin (5/4/2021) di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel),

ISTIMEWA/DOK.BPBD PESSEL
Kondisi pasca angin kencang yang melanda sebagian wilayah di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barar (Sumbar). Akibat badai itu telah menyebabkan sebagian bangunan rumah ibadah dan kediaman warga mengalami kerusakan setelah diterjang angin kencang, Senin (5/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rahmat Panji

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Dua bangunan masjid mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang Senin (5/4/2021) di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Informasi kali ini diperoleh TribunPadang.com, Senin sore dari data kiriman Komandan Pos Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Bobi Nofriadi.

Menurutnya, sebagian bangunan masjid yang rusak tersebut adalah Masjid Nur Falah Kampung Hilalang, Nagari Inderapura.

Terlihat dari foto kiriman dari pihak BPBD Pessel yang diterima redaksi TribunPadang.com, nampak salah satu kubah masjid terlepas dan jatuh ke tanah.

Baca juga: DLH Padang Butuh Tambahan Mobil Crane, Pemangkasan Dahan Pohon yang Lapuk

Baca juga: Angin Kencang Kembali Menerjang Padang Malam Ini, Pedagang: Kursi dan Meja Beterbangan

Selanjutnya, kubah tersebut mengalami kerusakan hingga mengenai rumah warga yang berada di sekitar masjid tersebut.

Pada hari yang sama Senin (5/4/2021), kondisi nyaris sama terjadi di Masjid Taqwa Kampung Kepala Bandar, Nagari Kuda-kuda Indera Pura juga mengalami kerusakan.

Sejauh ini lanjut Bobi hanya beberapa data yang ia dapatkan, selengkapnya masih dihimpun oleh pihak terkait di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan.

"Hari ini (Senin-red) seluruh laporan dibahas bersama bupati, sedangkan untuk update terbaru ya musibah di Pancung Sola," kata Bobi saat dihubungi melalui sambungan WhatsApp/WA.

Baca juga: Cuaca Buruk di Kepulauan Mentawai, Sumbar: 2 Rumah Rusak Akibat Longsor dan Pohon Tumbang

Baca juga: 11 Pohon Tumbang Selama 3 Hari Terakhir Di Kota Bukittinggi

Kepala BPBD Pesisir Selatan Herman Budiarto menerangkan hal yang sama juga ketika ditanya pihak TribunPadang.com terkait jumlah kerusakan.

"Kami sempurnakan dulu datanya, besok (Selasa-red) baru akan kami bagikan," ujar Herman Budiarto.

Dilansir dari TribunPadang.com Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  Senin (5/4/2021).

BMKG mengingatkan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir/kilat pada pagi hari di wilayah Padang, Pesisir Selatan, dan sekitarnya.

Selain itu potensi hujan ringan juga terdapat di wilayah Kepulauan Mentawai.

Pada siang hingga sore cuaca berawan lalu berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Padang Pariaman, dan Pesisir Selatan.(*)

Penulis: Panji Rahmat
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved