Breaking News:

Berita Padang Hari Ini

Kucing Kuwuk Nyasar di Halaman Rumah Warga Padang, Petugas BKSDA Lepasliarkan ke Habitat

Seekor kucing Kuwuk atau kucing hutan (prinailurus bengalensis) ditemukan masyarakat di halaman rumah warga Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumb

ISTIMEWA
Petugas BKSDA Resor Kota Padang saat melepaskan seekor kucing hutan jantan ke habitat aslinya di Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (16/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Seekor kucing Kuwuk atau kucing hutan (prinailurus bengalensis) ditemukan masyarakat di halaman rumah warga Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (17/3/2021).

Kucing hutan tersebut ditemukan oleh warga bernama Nover Indra Permana di halaman rumahnya di Jati Tanah Tinggi, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumbar.

Kucing Kuwuk atau kucing hutan adalah satwa yang memiliki totol-totol menyerupai corak kulit dari Macan Tutul, sehingga dalam bahasa inggris kucing disebut juga disebut dengan leopard cat. 

Kucing ini pandai memanjat dan suka beraktivitas pada malam hari (nokturnal),

Kepala Resor KSDA Kota Padang, Hendra Yuriko saat dikonfirmasi di Padang, Rabu (17/3/2021) membenarkan informasi tersebut.

"Kucing tersebut ditemukan oleh masyarakat pada kemarin dan diserahkan kepada kita labgsung pada siangnya," kata Hendri Yuriko.

Petugas BKSDA Resor Kota Padang saat melepaskan seekor kucing hutan jantan ke habitat aslinya di Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (16/3/2021).
Petugas BKSDA Resor Kota Padang saat melepaskan seekor kucing hutan jantan ke habitat aslinya di Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (16/3/2021). (ISTIMEWA)

Baca juga: Kucing Kuwuk Nyasar di Halaman Rumah Warga Padang, Petugas BKSDA Lepasliarkan ke Habitat

Baca juga: Warga Agam Temukan Dua Anak Kucing Hutan, Ditinggal Pergi Induk dan Berumur Sekitar 1 Minggu

Kata dia, kucing tersebut didapatkan di rumahnya dan diduga kesasar atau nyasar.

"Setelah itu langsung ditelfon kita untuk diserahkan kepada kita BKSDA Resor Kota Padang," kata Hendri Yuriko.

Hendri Yuriko menjelaskan, sekitar pukul 17.42 WIB kucing tersebut dirilis untuk dilepasliarkan di kawasan hutan dekat Unand.

Seekor kucing Kuwuk atau kucing hutan (prinailurus bengalensis) ditemukan masyarakat lalu diserahkan ke pihak BKSDA Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (17/3/2021
Seekor kucing Kuwuk atau kucing hutan (prinailurus bengalensis) ditemukan masyarakat lalu diserahkan ke pihak BKSDA Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (17/3/2021 (ISTIMEWA)

Baca juga: Kata Sapaan yang Digunakan Kucing Ketika Menyapa Tikus Berdasarkan Kisah Kucing dan Tikus adalah

Baca juga: Kucing Hutan yang Masuk Kamar Warga di Agam Telah Dilepasliarkan, Sempat Dikira Anak Harimau

"Kucing itu kondisinya sehat, dan melepasliarkannya berdasarkan rekomendasi dari Dokter Hewan di kantor kita," kata Hendri Yuriko.

Kata dia, kucing yang ditemukan tidak sengaja oleh warga tersebut berjenis kelamin jantan.

"Kucing tersebut sudah banyak dilaporkan masyarakat ditemukan dan diserahkan kepada kita untuk lokasi di Kota Padang," ujar Hendri Yuriko.

Hendri Yuriko menyebutkan, kucing tersebut langsung dilepasliarkan langsung ke habitatnya langsung.

"Pada Tahun 2021 ini ada sekitar 3-4 ekor kucing hutan diserahkan kepada kita," kata Hendri Yuriko.

Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved