Breaking News:

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 160, 162, 163, 164, 166, 167, 169, 170 Pembelajaran 3 Subtema 3

Simak kunci jawaban Buku Tematik tema 9 kelas 6 halaman 160, 162, 163, 164, 166, 167, 169 dan 170 Pembelajaran 3 Subtema 3 mengenai Tokoh Penjelajah

Penulis: Mona Triana | Editor: Mona Triana
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Pembelajaran 3 Subtema 3 Tema 9 Kelas 6 
TRIBUNPADANG.COM - Simak kunci jawaban Buku Tematik tema 9 kelas 6 halaman 160, 162, 163, 164, 166, 167, 169 dan 170 Pembelajaran 3 Subtema 3 mengenai Tokoh Penjelajah Angkasa Luar.
Pada Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa akan mempelajari tentang mengambil sikap dan nilai yang dimiliki oleh Buzz Aldrin, menuliskan perbedaan antara transportasi darat sebelum dan sesudah modernisasi, menuliskan dampak positif dan negatif modernisasi terhadap sistem transportasi darat, menjelaskan persamaan dan perbedaan cerita dalam bacaan dengan pengalaman pribadi atau film yang sudah ditonton, dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan persatuan dan kesatuan di wilayah tersebut.
Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja bagi orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah.
Bagi para siswa diharapkan dapat mencari jawaban sendiri.

Ayo Membaca

Buzz Aldrin
Pernahkah kalian mendengar tentang seseorang yang bernama Buzz Aldrin? Ayo, bersama kita menggali informasi lebih dalam tentangnya. Edwin Eugene Aldrin, atau lebih sering dipanggil Buzz Aldrin, lahir di Amerika Serikat, pada 20 Januari 1930. Awalnya ia hanyalah seorang mekanik yang pandai memperbaiki mesin.
Tetapi sekarang ia dikenal sebagai seseorang yang mampu merancang dan memperbaiki mesin, dapat menerbangkan pesawat, dan pernah menginjakan kakinya di Bulan. Bersama dua rekannya, Neil Armstrong dan Michael Collins pergi menjelajah angkasa luar. Pada tanggal 20 Juli 1969, Buzz dan Neil menginjakkan kakinya di Bulan, sementara rekan lainnya, Michael, tetap berada di orbit.
Sebelum ia menjadi astronaut, Buzz juga merupakan seorang tentara Angkatan Udara Amerika Serikat. Buzz mendapatkan gelar doctor dari Institut Teknologi Massachussets. Ia pun terpilih NASA dan menjadi astronaut di kelompok terbang yang ketiga.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 160
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas, diskusikanlah beberapa hal berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu.
Bagaimana cara para astronaut menuju ke Bulan dari Bumi?
Para astronout menuju bulan dari bumi menggunakan pesawat luar angkasa.
Sikap dan nilai seperti apa yang dimiliki Buzz hingga ia menjadi salah satu orang yang mendarat di Bulan?
Sikap dan nilai yang dimiliki Buzz Aldrin diantaranya adalah kerja keras, disiplin, pantang menyerah dan percaya diri.
Apakah masih ada pertanyaanmu yang berkaitan dengan bacaan di atas? Tuliskan di sini.
Apa nama pesawat yang digunakan Buzz Aldris, Neil Armstrong dan Michael Collins pergi menjelajah angkasa luar?
Tahukah kamu bahwa pendaratan manusia pertama di Bulan menyadarkan manusia bahwa kemajuan teknologi sudah sedemikian pesatnya. Manusia mampu menciptakan kendaraan untuk membawa manusia hingga ke tempat yang tak terbayangkan sebelumnya. Kendaraan merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Kegiatan memindahkan barang atau manusia dari satu tempat ke tempat yang lain disebut dengan transportasi.
Hingga saat ini kemajuan teknologi transportasi sebagai bagian modernisasi terus berkembang seiring kebutuhan manusia untuk bermobilisasi. Apa sajakah dampak kemajuan teknologi transportasi ini bagi kehidupan bermasyarakat?
Ayo Membaca
Modernisasi Teknologi Transportasi
Transportasi masa kini telah menunjukkan kemajuan yang pesat baik transportasi darat, air, dan udara. Sarana dan prasarana transportasi semakin lengkap dan baik. Sarana transportasi berupa alat angkutan, seperti sepeda motor, mobil, kereta api, kapal, dan pesawat terbang. Prasarana transportasi adalah penunjang kelancaran pengangkutan antara lain jalan, jembatan, terminal, stasiun, lapangan terbang, dan pelabuhan.
Transportasi atau angkutan pada masa lalu awalnya menggunakan tenaga manusia. Contohnya dengan cara dipikul, digendong atau didorong. Lalu berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti kuda, keledai, dan gajah. Alat transportasinya sederhana, baik transportasi darat maupun transportasi air.
Alat transportasi darat semula menggunakan tenaga manusia, seperti sepeda, becak, dan gerobak dorong. Kemudian berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti pedati ditarik sapi, delman ditarik kuda, dan sebagainya. Transportasi laut yang menggunakan tenaga alam atau angin, yaitu perahu layar. Transportasi laut yang menggunakan tenaga manusia, misalnya rakit dan perahu dayung.
Transportasi darat
Alat transportasi tradisional umumnya tidak bermesin. Contohnya, antara lain sepeda, becak, cikar dan gerobak. Sepeda, becak dan dokar dapat digunakan sebagai alat angkutan barang dan penumpang. Sedangkan gerobak digunakan untuk alat angkutan barang. Alat angkutan darat tradisional pada umumnya hanya melayani pengangkutan jarak dekat. Alat angkutan darat modern pada umumnya menggunakan mesin dengan kekuatan dan kemampuan yang berbeda-beda. Alat transportasi modern terdiri atas kendaraan penumpang dan kendaraan angkutan barang. Kendaraan penumpang seperti sepeda motor, bemo, mobil, bus, dan kereta api. Sedangkan kendaraan angkutan barang, antara lain, truk, truk tangki, kereta api barang, dan mobil boks. Alat angkutan darat modern dapat melayani pengangkutan jarak dekat maupun jarak jauh, seperti antarkota dan antarprovinsi. Perusahaan negara yang melayani angkutan darat yaitu PT DAMRI (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) dan PT KAI (Kereta Api Indonesia) Persero.
Sumber: www.awalilmu.blogspot.co.id dengan penyesuaian
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 162, 163, 164
Ayo Berlatih
Bersama dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini. Dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingkan alat transportasi darat dulu dan sekarang. Gunakakanlah tabel berikut untuk mencatatnya.
Aspek Transportasi Darat Sebelum Modernisasi Transportasi Darat Setelah Modernisasi
Tenaga Penggerak Manusia dan Hewan Mesin
Fungsi Alat angkut manusia dan barang Alat angkut penumpang dan barang
Contoh Gambar
Angkutan Tradisional
Bus dan truck
 
Modernisasi memang memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung. Demikian juga dengan dampaknya terhadap sistem transportasi darat saat ini. Bersama teman sebangkumu diskusikanlah dampak positif dan negatif modernisasi sistem transportasi darat terhadap kelangsungan hidup masyarakat maupun dampaknya terhadap lingkungan. Gunakan diagram berikut untuk mencatatnya.
Dampak transportasi
Buatlah sebuah kesimpulan tentang kegiatan di atas.
Kemajuan teknologi transportasi sebagai bagian modernisasi terus berkembang seiring kebutuhan manusia untuk bermobilisasi
Ayo Membaca
Wisata Batik Trusmi
Oleh Hamidah Jauhary
Lulu pulang ke rumahnya yang ada di jalan Sekar Kemuning Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, dengan wajah cemberut. 
“Kok kamu pulang sekolah malah cemberut, Sayang? Ada apa?” tanya Mama keheranan.
“Aku kesal, Ma. Hari Sabtu nanti sekolah akan mengadakan pameran batik. Lalu semua siswa akan diminta memakai baju batik,” jawab Lulu.
“Wah, bagus dong kalau begitu,” sahut Kak Naila yang baru muncul dari dapur. Kak Naila adalak kakak Lulu yang sudah kuliah. Hari ini Kak Naila tidak ada jadwal kuliah.
“Batik itu kan khas Indonesia. Kalau kita senang memakai batik artinya kita senang melestarikan budaya Indonesia,” lanjut Kak Naila.
Tapi Lulu masih saja cemberut. Rupanya Lulu tidak suka memakai batik.
Menurut pikirannya batik itu hanya dikenakan oleh orang dewasa. Anakanak seusianya tidak cocok memakai batik.
“Begini saja,” usul Mama. “Bagaimana kalau nanti sore kita berwisata batik ke Trusmi?”
“Wisata batik?” tanya Lulu keheranan.
“Wah, itu ide yang bagus. Aku juga mau beli batik, ya Ma,” ujar Kak Naila bersemangat.
Mama tersenyum dan mengangguk. “Tentu. Kita pergi bertiga nanti.”
Sorenya, Lulu pergi bersama Mama dan Kak Naila ke Desa Trusmi di Plered, Cirebon. Mereka bertiga pergi dengan menggunakan alat angkutan perkotaan. Di Trusmi memang terdapat banyak toko yang menjual berbagai jenis batik.
“Cirebon adalah salah satu kota penghasil batik di Indonesia, lho,” kata Mama sambil mengajak Lulu dan Kak Naila memasuki salah satu toko batik.
Lulu hanya mengangguk.
“Benar,” sahut Kak Naila. “Di Trusmi ini pusat batik Cirebon.”
Lulu pun diajak melihat berbagai jenis batik, termasuk salah satu motif batik khas Cirebon yang terkenal yaitu motif batik mega mendung. Motif batik yang berbentuk awan itu membuatnya kagum. Ia memang suka dengan benda-benda langit dan segala sesuatu yang terkait dengan langit, termasuk awan. Lulu melihat motif itu dengan warna-warna yang menarik, bahkan ada warna hijau muda kesukaannya. Motif awan dengan gradasi warna dari warna putih berlapis lapis menjadi warna hijau muda. Beberapa kali Lulu memegang kain batik itu. Ia enggan beranjak dari tempat itu.
Di toko itu juga dijual berbagai jenis pakaian anak yang terbuat dari kain batik. Ada yang berupa celana, rok, dan baju lengan pendek, lengan panjang, dan gaun.
Lulu sangat tertarik melihat pakaian batik untuk anak-anak itu. Ia kini menjadi tahu kalau kain batik bisa juga dijadikan pakaian anak-anak yang menarik. Apalagi ia melihat ada satu gaun anak dengan motif mega mendung berwarna hijau muda kesukaannya itu! Lulu berpikir ia akan terlihat cantik dengan gaun itu. Segera ia meminta ukuran yang pas untuknya dan mencobanya di kamar ganti. Benar! Lulu senang sekali melihat bayangannya di cermin mengenakan gaun batik motif mega mendung berwarna hijau muda itu. Segera ia meminta Mamanya untuk membelikannya untuknya.
“Pilihan yang cantik, Lu! Kamu memang terlihat cantik dan anggun dengan gaun batik itu,” kata Kak Naila setelah ia mengetahui pilihan Lulu. Lulu tersipu. “Aku boleh dibelikan yang ini, kan Ma?” tanya Lulu kepada Mamanya.
“Tentu saja boleh. Tetapi kamu bilang kamu tidak suka dengan pakaian batik. Kamu bilang pakaian batik hanya dikenakan orang dewasa seperti Mama dan Kak Naila,” goda Mama.
“Sekarang tidak lagi!” kilah Lulu sambil tertawa. “Aku suka motif batik di sini, Ma! Apalagi yang berwarna cerah. Motif mega mendung ini akan selalu mengingatkan aku tentang langit dan segala yang ada di sana. Aku pasti bangga mengenakannya, “ kata Lulu.
“Wah, adikku jadi bangga betul dengan batik pilihannya!” goda Kak Naila. 
“Iya dong, Kak,” kata Lulu tidak mau kalah.
Mama dan Kak Naila tertawa sambil menggelengkan kepala melihat ulah Lulu.
Sumber: Nusantara Bertutur Kompas Minggu, 27 Agustus 2017
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 166-167
Ayo Menulis
Sebuah cerita dapat mengingatkanmu kepada pengalamanmu sendiri, atau pengalaman orang lain yang diceritakan kepadamu. Atau bahkan, dapat mengingatkanku terhadap film yang pernah kamu tonton sebelumnya. Film yang dimaksud adalah gambar bergerak yang secara audio visual dapat ditangkap inderamu. Film yang dimaksud adalah film-film baik yang berdurasi panjang maupun pendek yang dapat kamu tonton di bioskop, televisi atau media yang lain. Lakukan kegiatan berikut ini setelah kamu membaca cerita fiksi di atas dengan saksama.
A. Jelaskan isi cerita fiksi di atas dengan membuat tulisan satu paragraf di setiap bagian cerita: awal, tengah dan akhir dengan menggunakan diagram berikut ini.
Wisata Batik Trusmi
B. Pilihlah di antara tiga bagian dari cerita di atas yang mengingatkanmu terhadap peristiwa yang terjadi denganmu, atau terjadi di sekelilingmu, atau mengingatkanmu tentang sebuah film yang pernah kamu tonton. Gambarkan peristiwa tersebut, lalu tuliskanlah penggalan peristiwa tersebut pada diagram berikut.
Bagian Tengah :
Film Sekar
Ayo Membaca
Dampak Persatuan dan Kesatuan terhadap Diri Sendiri
Berbagai peristiwa persatuan kesatuan terjadi di sekitar kita dengan atau tanpa kita sadari. Setiap peristiwa tersebut memberikan dampak terhadap sekitarnya, baik individu, masyarakat luas, maupun terhadap bangsa dan negara maupun kepada masyarakat. 
Salah satu dampak peristiwa persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri adalah munculnya sikap tenggang rasa, dan rasa senasib sepenanggungan. Ketika berbagai pihak bersepakat untuk menyatukan tujuan bersama, setiap anggota akan merasa diuntungkan karena tujuan bersama mereka tercapai. 
Salah satu peristiwa persatuan dan kesatuan yang terjadi di Pasar Batik Trusmi, Cirebon. Pada awalnya usaha batik terancam bangkrut karena para perajin, produsen, dan pemerintah daerah bekerja sendiri tanpa saling bekerja sama. Dalam suatu kesempatan beberapa pihak terkait tersebut melakukan musyawarah untuk menyampaikan pendapatnya guna semakin mengembangkan usaha ini. Pada akhirnya tercapailah kesepakatan agar setiap pihak terkait bekerja bersama untuk tujuan yang sama, yaitu meningkatkan nilai jual batik trusmi tersebut. Para pengusaha dan perajin batik di Trusmi mendapatkan bimbingan dari pemerintah daerah. Mereka mendapatkan bimbingan dalam hal memahami masalah hukum dan hak cipta dan teknik membatik yang efisien dan efektif. Kemudian, pemerintah daerah juga membantu meningkatkan kualitas jalan menuju sentra produksi batik sehingga memudahkan pembeli untuk mendapatkan batik. Pada saat yang sama, pemerintah daerah mendapatkan masukan dari pajak penjualan dan pajak daerah dengan semakin meningkatnya produksi dan kunjungan warga ke pasar-pasar batik trusmi. Dengan demikian setiap pihak mendapatkan manfaat yang baik dengan peristiwa persatuan dan kesatuan tersebut.
Sumber: www.lipsus.kontan.co.id dengan penyesuaian
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 169
Ayo Berdiskusi
Dengan menggunakan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya, lakukanlah kegiatan berikut ini secara berpasangan.
A. Menjawab pertanyaan.
1. Peristiwa peratuan dan kesatuan apa yang dijelaskan dalam bacaan di atas?
Pemerintah Daerah Cirebn bekerjasama dengan pengusaha dan perajin batik untuk meningkatkan nilai jual batik Trusmi.. 
2. Bagaimana dampak peristiwa tersebut terhadap setiap pihak yang terlibat?
Setiap pihak yang terlibat mendapatkan manfaat yang baik dengan peristiwa persatuan dan kesatuan tersebut. Pemerintah Daerah mendapatkan pajak, pengusaha dan pengrajin mendapat keuntungan dari penjualan batik.
B. Menceritakan pengalaman Bersama dengan temanmu, ceritakanlah sebuah pengalaman tentang peristiwa persatuan dan kesatuan yang melibatkanmu. Tuliskanlah cerita tersebut dalam bentuk gambar berseri. Lakukanlah analisis bagaimana peristiwa itu berhubungan dengan persatuan dan kesatuan Lakukanlah analisis dampak peristiwa tersebut terhadap dirimu sendiri. Jelaskanlah dampak peristiwa tersebut dalam bentuk gambar dan ceritakanlah di depan kelas.
Pada saat itu aku mengikuti kegiatan gotong royong membersihkan kelas masing-masing. Aku dan teman-temankuku membersihkan kelas bersama sama. Ada yang menyapu, mengepel, membersihkan jendela, kursi, meja, dll. Kegiatan tersebut dapat mempererat tali persaudaraan juga pekerjaan menjadi cepat selesai. Peristiwa gotong royong berhubungan erat dengan persatuan dan kesatuan. Misalnya pada saat teman yang lain mengalami kesusahan memindahkan barang barang dikelas kita bersama sama memindahlkan agar pekerjaan menjadi ringan. Dampak peristiwa persatuan bagi diri sendiri adalah kegiatan pembelajaran berjalan nyaman sehingga dapat belajar dengan maksimal dalam kelas
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 170
Ayo Renungkan
Dampak modernisasi apa sajakah yang menurutmu paling memengaruhimu? Mengapa? Bagaimana caramu untuk menghadapi dampak modernisasi tersebut?
Dampak modernisasi yang menurut saya paling memengaruhiku adalah perkembangan teknologi misalnya saja teknologi komunikasi. Karena dengan ditemukannya telepon seluler hampir semua kegiatan menggunakan benda tersebut. Cara menghadapi dampaknya adalah dengan mengatur waktu agar tidak semua waktu tersita di depan layar handphone.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu carilah sebuah cerita dari majalah atau dari buku cerita. Bacalah bersama cerita itu lalu menggambarlah sama-sama tentang isi ceritanya bersama-sama.
 
Cerita Malin Kundang
Malin Kundang
Di sebuah desa, hiduplah seorang perempuan miskin. Ia hidup bersama anak tunggalnya, namanya Malin Kundang. Saat Malin Kundang mulai dewasa, ia memutuskan untuk pergi ke kota. Ia ingin mengadu nasibnya di sana. Dengan berat hati, ibunya pun mengizinkan. 
Hingga beberapa tahun kemudian, Malin berhasil mengubah nasib. Ia telah menjadi saudagar yang kaya raya. Suatu hari, Malin ingin melihat keadaan desanya. Ibu Malin yang mengetahui kedatangan anaknya segera berlari menuju dermaga. Benar saja, di sana terlihat Malin dengan istrinya yang sangat rupawan.
Malin mengenali ibunya. Namun, ia malu mengakui orangtua yang berpakaian sangat lusuh itu. Sungguh sakit hati Ibunya mendengar perlakuan Malin. Ibunya lalu mengutuk Malin. “Hatimu sungguh sekeras batu, Malin. Maka, kau aku kutuk menjadi batu. Kau anak yang durhaka.” ucap ibunya.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Tribunpadang.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban.

(Tribunpadang.com/Mona Triana)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved