Breaking News:

Cuaca Panas di Sumbar, Suhu Mencapai 34,2 Derajat Celcius, Kapan Hujan Turun? Ini Kata BMKG

Beberapa hari terakhir kondisi cuaca di sebagian besar wilayah di Sumatera Barat terpantau cerah dan suhu udara pada siang hari terasa cukup terik.

Tribun Jabar/Ery Chandra
Ilustrasi cuaca panas 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Beberapa hari terakhir kondisi cuaca di sebagian besar wilayah di Sumatera Barat terpantau cerah dan suhu udara pada siang hari terasa cukup terik.

Berdasarkan pantauan dari Stasiun Meteorologi Minangkabau, tercatat suhu udara maksimum berkisar antara 31 hingga 33 derajat celsius yang terjadi pada siang hari.

Kondisi ini terpantau sudah berlangsung sejak awal Februari 2021.

Baca juga: Cuaca Panas Terik Diprediksi Landa Sumbar hingga Lima Hari Ke depan, Waspada Potensi Kebakaran Lahan

Bahkan pada 9 Februari 2021 tercatat suhu maksimum tertinggi mencapai 34,2 derajat celsius.

Kondisi suhu udara yang tinggi ini memberikan efek sensasi lebih panas yang dirasakan oleh masyarakat di Sumatera Barat.

Kepala Stasiun Meteorologi Minangkabau – Padang Pariaman, Sakimin mengungkapkan, berdasarkan analisis BMKG Stasiun Meteorologi Minangkabau beberapa faktor berkontribusi terhadap kondisi tersebut.

Satu di antaranya posisi matahari berdasarkan gerak semu tahunan berada di belahan bumi Selatan dekat ekuator yang bergerak ke arah ekuator.

Baca juga: Kekeringan di Padang, PDAM Kirim 2 Tangki Air ke Bukit Gado-gado dan Seberang Pabayan

Di mana setelah melewati titik balik Selatan pada bulan Desember, matahari kembali bergerak arah ekuator dengan puncaknya pada bulan Maret matahari tepat berada di atas khatulistiwa.

"Kondisi ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima oleh permukaan bumi di wilayah tersebut termasuk Sumatera Barat relatif menjadi lebih banyak, sehingga akan meningkatkan suhu udara pada siang hari," kata Sakimin.

Halaman
123
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved