Breaking News:

DPR RI Tunggu Nama Calon Kapolri, Komisi III Sebut Bisa Berubah-ubah, hingga Lima Menit Terakhir

Hingga saat ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih belumlah mengirimkan nama calon Kapolri ke Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

TRIBUNNEWS/TRIBUN MEDAN
Ilustrasi: 5 profil lima jenderal bintang tiga yang diajukan Kompolnas kepada Jokowi sebagai calon Kapolri pengganti Idham Azis 

TRIBUNPADANG.COM, JAKARTA - Hingga saat ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih belumlah mengirimkan nama calon Kapolri ke Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Pengajuan nama calon Kapolri kali ini guna diproses di DPR RI guna menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun pada akhir Januari 2021 dalam waktu dekat ini.

Anggota Komisi III DPR RI, I Wayan Sudirta menyakini Presiden Jokowi sudah memiliki pilihan dari lima usulan nama yang diajukan Kompolnas beberapa hari lalu. 

Namun, Wayan menyebut untuk posisi jabatan tinggi seperti Kapolri, nama dapat berubah-ubah sampai lima menit terakhir jelang pengiriman surat presiden ke DPR. 

Baca juga: Bursa Kandidat Kapolri, Mahfud MD: Beredar di Media Masih Tebak-tebak Buah Nangka alias Spekulasi

Baca juga: Calon Kapolri Segera Dikirim Presiden Jokowi ke DPR RI, Dua Kandidat Komjen Polisi Menguat

"Contohnya, ketika memilih wakil presiden, itu kan diputuskan saat terakhir. Jadi nama bisa berubah, lima menit terakhir baru pasti, kalau belum lima menit terakhir bisa berubah, bisa bergeser," papar Wayan saat dihubungi, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Wayan tidak dapat menduga-duga siapa yang akan dipilih Presiden untuk menjadi Kapolri dari lima nama yang diajukan Kompolnas. 

Ia melihat, lima orang tersebut sudah memenuhi syarat menjadi Kapolri, baik dari segi integritas, prestasi, dan rekam jejaknya. 

"Tapi ada satu hal yang paling penting bagi presiden, yaitu loyalitas dan bisa dipercaya. Itu yang dinilai presiden dan akhirnya mendapatkan kepercayaan, kemudian diajukan Presiden ke DPR," papar politikus PDIP itu.

Sebelumnya, Kompolnas mengungkap lima nama calon Kapolri yang direkomendasikan kepada Presiden Jokowi

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Kompolnas Mahfud MD melalui akun Twitternya pada Jumat (8/1/2021) lalu.

Baca juga: Tindak Lanjuti Maklumat Kapolri, Polda akan Pantau Kegiatan dan Atribut FPI di Sumbar

Baca juga: 5 Kandidat Kapolri Diserahkan ke Presiden, Penuhi Syarat Profesionalitas, Loyalitas dan Jam Terbang

"Ini 5 nama Komjen Pol. yg diajukan kpd Presiden oleh Kompolnas utk dipilih sbg calon Kapolri: 1) Gatot Edy Pramono; 2) Boy Rafly Amar; 3) Listyo Sigit Prabowo; 4) Arief Sulistyanto; 5) Agus Andrianto," kata Mahfud MD dikutip melalui akun Twitternya @mohmahfudmd pada Jumat (8/1/2021).

Mahfud menyampaikan kelima orang tersebut dianggap memiliki kriteria yang tepat untuk menggantikan Idham Azis.

"Kelima org itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang," jelas Mahfud.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com berjudul; Komisi III DPR: Nama Calon Kapolri Masih Bisa Berubah-ubah, Lima Menit Terakhir Baru Pasti

Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved