Calon Kapolri Segera Dikirim Presiden Jokowi ke DPR RI, Dua Kandidat Komjen Polisi Menguat

Hingga Senin (11/1/2021) hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belumlah mengirimkan nama calon Kapolri ke DPR, pengganti Jenderal Idham Azis yang aka

Editor: Emil Mahmud
TRIBUNNEWS/TRIBUN MEDAN
Ilustrasi: 5 profil lima jenderal bintang tiga yang diajukan Kompolnas kepada Jokowi sebagai calon Kapolri pengganti Idham Azis 

TRIBUNPADANG.COM - Hingga Senin (11/1/2021) hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belumlah mengirimkan nama calon Kapolri ke DPR, pengganti Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada akhir Januari 2021.

Namun, saat ini terdapat dua nama jenderal bintang tiga yang menguat akan diusulkan Presiden Jokowi, yaitu Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar dan Kabareskrim Komjen Sigit Listyo Prabowo

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III DPR Jazilul Fawaid menilai keduanya merupakan sosok jendral yang memiliki kompetensi, prestasi dan kepangkatan yang hampir sama, hanya saja senioritas dan karier jabatan yang berbeda.

"Saya tidak berani berspekulasi, namun faktor kedekatan dengan presiden akan jadi pertimbangan," ujar Jazilul saat dihubungi, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Ketika ditanya siapa yang paling dekat dengan Presiden dari dua nama itu, Jazilul menyebut dapat diketahui dari masing-masing rekam jejaknya. 

"Bisa dilihat dari histori karier dan jabatannya," ucap Jazilul yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR itu. 

"Kita sabar menunggu saja, kami yakin yang terpilih nanti adalah yang terbaik bagi jajaran kepolisian dan masyarakat," sambung Jazilul.

Baca juga: 5 Kandidat Kapolri Diserahkan ke Presiden, Penuhi Syarat Profesionalitas, Loyalitas dan Jam Terbang

5 Kandidat Kapolri

Dilansir Tribunnews.com, sebanyak lima nama calon Kapolri telah diserahkan oleh Komisi Kepolisian Indonesia (Kompolnas) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kelima nama tersebut merupakan Komisaris Jenderal (Komjen) yang disebut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD akan dipilih Jokowi untuk kemudian diajukan kepada DPR.

Diberitakan Tribunnews.com sebelumnya, Mahfud MD menyebut, lima nama perwira tinggi (Pati) Polri yang terpilih itu telah memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, dan jam terbang.

Di sisi lain, masih terdapat Komjen Polri yang tak masuk dalam daftar kandidat calon Kapolri seperti yang dipilih Kompolnas.

Rangkuman Tribunnews.com, setidaknya ada delapan nama Komjen yang tak diikutsertakan.

Satu di antaranya adalah Komjen Petrus Golose, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang baru saja menerima kenaikan pangkat bberapa waktu lalu.

Baca juga: Kapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 46 Perwira Tinggi Polri, Ini Daftar Nama dan Jabatan

Baca juga: Dukung Hadirnya Perda Adaptasi Kebiasaan Baru, Kapolda Sumbar: Maklumat Kapolri Tidak Cukup

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved