Sandiaga Uno atau Fadli Zon yang Akan Gantikan Edhy Prabowo jadi Menjadi KKP? Ini Kata Pengamat

Jokowi akan lebih memilih politikus Gerindra Sandiaga Uno, ketimbang Fadli Zon untuk menggantikan Edhy Prabowo

Editor: Saridal Maijar
Twitter Fadli Zon
Sandiaga Uno, Prabowo Subianto dan Fadli Zon. 

TRIBUNPADANG.COM - Dua nama tokoh disebut-sebut akan menggantikan Edhy Prabowo menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

Mereka adalah Sandiaga Uno dan Fadli Zon. Lantas, siapa yang paling cocok di antara dua nama itu?

Pengamat politik Universitas Paramadina Djayadi Hanan menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lebih memilih politikus Gerindra Sandiaga Uno, ketimbang Fadli Zon untuk menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Edhy Prabowo menjadi tersangka kasus dugaan korupsi perizinan benih lobster atau benur.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Bubarkan 10 Lembaga Nonstruktural, Apa Saja? Ini Daftarnya

“Dugaan saya Menteri KKP masih akan dijadikan jatah Gerindra. Jadi siapa yang diajukan Gerindra yang akan jadi pertimbangan. Bila yang diajukan Fadli Zon dan Sandi, dugaan saya peluangnya lebih besar Sandi,” ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia ini ketika dihubungi Tribunnews.com, Senin (30/11/2020).

Apalagi kata dia, mengingat posisi Sandi yang pernah menjadi calon Wakil Presiden dan pengalamannya sebagai pengusaha.

Pegalaman Sandi sebagai pengusaha, menurut dia, bisa akan lebih diperlukan Jokowi untuk membantu memulihkan ekonomi dari bidang kelautan dan perikanan serta maritim secara umum.

Namun, kalau hanya satu nama yang diajukan Gerindra, yakni Fadli Zon, lanjut dia, sepanjang tidak ada keberatan serius dari Jokowi, maka peluangnya besar.

Baca juga: Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Ahmad Muzani: Mari Hormati Asas Praduga Tak Bersalah

“Kalau hanya satu nama yang diajukan Gerindra, yakni Fadli Zon, sepanjang tidak ada keberatan serius dari Jokowi, maka peluangnya besar,” jelasnya.

Paling tidak kata dia, masuknya Fadli Zon ke dalam kabinet, akan mengurangi suara kritis terhadap pemerintahan Jokowi-Maruf Amin di sisa pemerintahan hingga 2024 mendatang.

“Secara politik, kalau Fadli Zon yang jadi diajukan oleh Gerindra, saya kira Jokowi tidak keberatan karena itu akan mengurangi suara kritis terhadap pemerintahan,” jelas Djayadi Hanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan pengunduran dirinya sebagai menteri, setelah dinyatakan menjadi tersangka oleh KPK atas dugaan suap terkait perizinan tambak, usaha dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020.

Untuk mengisi kekosongan, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan diangkat menjadi Pelaksana tugas Menteri Kelautan dan Perikanan.

Baca juga: Sapa Pedagang Pasar Ateh Bukittinggi, Sandiaga Uno Jadi Rebutan Emak-emak

KSP: Bisa Profesional, Bisa dari Parpol

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved