Idul Adha 2020

Salat Id di Kantor Gubernur Sumbar, Khatib Duski Samad Ulas Hikmah Ibadah Kurban Masa Pandemi

Kondisi pandemi Covid-19, ribuan masyarakat tetap meramaikan Salat Idul Adha di lapangan Kantor Gubernur Sumat

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Ribuan masyarakat sekaligus jamaah tetap meramaikan Salat Idul Adha di lapangan Kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (31/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kendati masih dalam kondisi pandemi Covid-19, ribuan masyarakat tetap meramaikan Salat Idul Adha di lapangan Kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (31/7/2020).

Pantauan TribunPadang.com terlihat Salat Id kali ini turut dihadiri langsung oleh Gubernur Irwan Prayitno dan sejumlah pejabat lainnya.

Pelaksanaan salat dimulai pukul 07.30 WIB, yang bertindak sebagai Imam Irsyad, sedangkan Khatibnya, Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang, Duski Samad, yang diikuti ratusan jamaah dari Kota Padang dan sekitarnya.

Selanjutnya, Khatib Duski Samad menjelaskan tentang hikmah utama dari ibadah kurban di masa pandemi.

"Hal yang pertama adalah hikmah vertikal, yakni menjadi media yang menguatkan energi taqwa untuk menjadi penggerak ketahanan diri, keluarga dan masyarakat menghadapi situasi sosial ekonomi di masa datang," kata Duski.

Salat Idul Adha Berjamaah di Halaman Kantor Gubernur Sumbar, Terapkan Protokol Kesehatan

Pemko Padang Salat Id di Masjid Nurul Iman, Wawako: Jangan Lunturkan Semangat Berkurban

Pembagian Daging Hewan Kurban Idul Adha, Mulyadi Muslim: Orang Berkurban Berhak Sepertiganya

Kata dia, fenomena ketaqwaan seseorang adalah semakin dekat dirinya kepada Allah SWT yakni kembali bangkitnya gerakan ke masjid, syiarnya Islam dalan kehidupan sosial.

"Kedua adalah hikmah horizontal, kurban, haji dan Salat Idul Adha ini adalah mediasi untuk menjaga kedekatan perasaan, kesamaan hati dan perasaan serta kesatuan tindakan untuk dapat berbagi," sebutnya.

Pantauan TribunPadang.com, tampak dari jumlah jamaah sedikit berkurang daripada tahun sebelumnya.

Terlihat, setiap saf dan jamaah lebih berjarak minimal satu meter dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Namun begitu, kelihatan masyarakat masih ramai hingga memenuhi jalan yang berada di depan Kantor Gubernur Sumatera Barat untuk ikut melaksanakan salat Id kali ini.

Sementara itu, Jalan Jenderal Sudirman yang berada tepat di depan Kantor Gubernur dijaga oleh pihak kepolisian, karena ditutup sementara waktu.

Redo (29) mengatakan memang berniat dari rumah menuju kawasan Jati untuk melaksanakam Salat Idul Adha di halaman Kantor Gunernur Sumbar.

"Saya datang membawa sajadah dari rumah dan tidak lupa memakai masker," sebutnya, Jumat (31/7/2020).

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved