Breaking News:

Tanggapan Walikota Solok Mengenai Proses Belajar Mengajar Tahun Ajaran 2020/2021

Terkait proses belajar mengajar, Walikota Solok H Zul Elfian memilih keselamatan anak-anak merupakan hal utama yang harus di perhatikan.

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Mona Triana
istimewa
Wali Kota Solok Zul Elfian saat mengikuti video conference (vicon) dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di E-Gov Monitoring Room Balaikota Solok, Senin (6/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, SOLOK KOTA - Terkait proses belajar mengajar, Walikota Solok H Zul Elfian memilih keselamatan anak-anak merupakan hal utama yang harus di perhatikan.

Hal tersebut dikatakan pada saat Zul Elfian mengikuti video conference (vicon) dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di E-Gov Monitoring Room Balaikota Solok, Senin (6/7/2020).

Vicon tersebut terhubung dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, para Kepala OPD terkait di lingkungan Pemprov Sumbar, serta seluruh kepala daerah di Provinsi Sumatera Barat.

Tes Swab Tenggorokan untuk Tenaga Pendidik, Kadisdik Padang: Saat Sekolah Tatap Muka Dilakukan

PPDB SMA/SMK di Sumbar Kembali Diperpanjang Hingga 8 Juli 2020, Lihat Jadwalnya

Pengumuman Hasil PPDB SMA/SMK Sumbar Ditunda Hingga 9 Juli 2020, Panitia Melakukan Validasi

Vicon tersebut membahas 4 topik utama yakni Kajian epidemiologi Covid-19 di Sumatera Barat, evaluasi pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNB-PAC), Tindakan pengendalian Covid-19 di masa TNB-PAC, dan kebijakan terhadap proses belajar mengajar di Tahun Ajaran 2020/2021.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam paparannya mengatakan, kebijakan terhadap proses belajar mengajar di Tahun Ajaran (TA) 2020/2021 sepenuhnya diberikan wewenang kepada Bupati dan Walikota untuk mengambil keputusan.

Harga Emas Selasa 7 Juli 2020 di Pegadaian Padang, Emas Antam Naik Satu Gramnya Rp 950.000

Mulai 13 Juli, Empat dari 6 Daerah Kategori Zona Hijau di Sumbar Gelar Belajar Tatap Muka, Dua Tunda

Gojek Wilayah Sumbagut Tanggapi Tuntutan Ratusan Driver Ojol yang Demo di Balai Kota Padang

"SMA sederajat yang wewenangnya berada di Pemprov Sumbar, juga akan mengikuti keputusan Kepala Daerah. Jika mulai tatap muka kami akan membuka juga," ujar Irwan Prayitno.

Secara pribadi, Gubernur mengharapkan proses pembelajaran akan dilakukan tatap maya sampai Bulan Desember, sambil melihat kondisi-kondisi ke depannya.

Ada tiga kondisi yang sudah disiapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, yakni pembelajaran Tatap Muka, Tatap Maya dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Luring.

Evaluasi Penerapan Normal Baru di Sumbar, Masyarakat Masih Belum Disiplin, Gubernur Desak Buat Perda

Siapkan Metode Belajar Secara Daring, Pemprov Sumbar Akan Buat Portal Cadiak Pandai

Ramalan Zodiak Pisces Tahun 2020, Di Bulan Juli Keterampilan dan Intuisi Pisces Terasah

Untuk itu, diharapkan sebelum mengambil keputusan, Bupati dan Walikota benar-benar telah melakukan kajian mendalam dan persiapan yang matang agar dapat berjalan dengan baik.

Walikota Solok Zul Elfian dalam diskusi Vicon tersebut mengatakan, keselamatan anak-anak kita merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Jangan sampai kita korbankan mereka hanya untuk kepentingan sesaat.

"Anak-anak kita tetap memerlukan pendidikan. Tapi di kondisi pandemi saat ini kita tidak harus melakukan tatap muka, sudah ada metode daring (online) dalam melakukan proses pendidikan," sebut Zul Elfian.

Ketahui Zodiak Paling Sensitif dan Cenderung Memiliki Kemampuan Menyakiti Orang Lain

Adu Mulut Orang Tua Murid dengan Petugas Keamanan di Posko PPDB, Kadisdik Sumbar: Itu Wajar

Sementara itu, untuk daerah yang tidak terjangkau jaringan, diminta ada tenaga khusus yang akan berkunjung ke satu rumah, dengan mengumpulkan maksimal 5 orang yang berdekatan rumahnya dan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Adapun yang menjadi kebanggaan di Provinsi Sumatera Barat, kita semua bersatu dalam satu kesatuan untuk memerangi pandemi Covid-19.

"Dalam proses pembelajaran ini kita berharap tetap dalam satu kesatuan. Jangan ada yang terpisah. Kami di Kota Solok siap menerima dan melaksanakan anjuran dari Gubernur," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved