Corona Sumbar

Puskesmas Andalas Padang Bisa Ambil Swab Tenggorokan 30 Orang Sehari, Gratis dan Data Dinkes

Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Andalas Padang dalam sehari bisa mengambil swab tenggorokan maksimal sebanyak 30 orang.

IRNA
Ilustrasi Corona atau Covid-19 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Andalas Padang dalam sehari bisa mengambil swab tenggorokan maksimal sebanyak 30 orang.

Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas Andalas Padang, Mardia Nelisma mengatakan swab tenggorokan dilakukan oleh tenaga pukesmas bagian analis.

Tim ini terdiri dari lima orang, di antaranya bagian administrasi, pengantar, tracking, bagian pengambilan sampel swab dan penyemprotan ruangan setelah pengambilan swab tenggorokan.

"Hari ini (Kamis 14/5/2020) lebih banyak, karena ada 24 ASN Inspektorat Padang yang diambil swabnya, biasanya dalam sehari 30 orang," kata Mardia Nelisma, Kamis (14/5/2020).

Satu ASN Positif Covid-19, Kantor Inspektorat Pemko Padang untuk Sementara Ditutup

Kepala Puskesmas Padang Pasir: ASN Inspektorat Pemko Padang Kondisi Sehat, Status OTG

Menurutnya, swab tenggorokan dilakukan berupa pengambilan cairan di tenggorokan dan cairan dalam hidung dengan menggunakan alat.

Lanjutnya, biaya swab tenggorokan gratis dan data-data yang hendak diswab tenggorokan berasal dari dinas kesehatan.

"Biayanya gratis, caranya data dari dinas kesehatan, misalnya hasil tracking atau bisa jadi setelah dari Pasar Raya ada gejala lalu diperiksa," ungkapnya.

Menurutnya, bagi yang hendak dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan harus melaporkan dulu ke Dinas Kesehatan Pemko Padang.(*)

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved