Corona Sumbar

Tim Universitas Bung Hatta Kolaborasi dengan Lintas Profesi, Hasilkan Ventilator Portabel

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof Dr Tafdil menegaskan pihaknya mendorong para institusi perguruan tinggi yang dipimpinya guna mengam

IST/DOK.DEKAN FTI UBH
Tim Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Bung Hatta yang berkolaborasi dengan lintas mempersiapkan alat Ventilator Portabel sebagai alat bantu pernapasan, baru-baru ini. 

TRIBUNPADANG.COM - Rektor Universitas Bung Hatta, Prof Dr Tafdil menegaskan pihaknya mendorong para institusi perguruan tinggi yang dipimpinnya guna mengambil peran saat mewabahnya Virus Corona.

Utamanya, berperan penting dalam upaya pencegahan maupun penanganan pasien terkait wabah sebutan lainnya, coronavirus disease 2019 atau Covid-19 yang melanda dunia.

"Kami medorong agar masing-masing prodi (program studi) agar berperan aktif dalam hal ini, meskipun diberlakukan kebijakan Work From Home (WFH)," ujar rektor seperti dikutip dari rilis di Padang, Jumat (10/4/2020).

Sejauh ini Universitas Bung Hatta memiliki 26 Prodi masing-masing jenjang S1, D4, D3 dan 6 Prodi Pascasarjana atau S2, yang proaktif dalam upaya pencegahan dan penanganan pasien Covid-19.

Sejurus itu pula Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Bung Hatta kini sedang mempersiapkan alat yang disebut; Ventilator Portabel sebagai alat bantu pernapasan.

Dekan FTI Dr Ir Hidayat, MT, IPM mengemukakan produk alat ventilator portabel ini menyusul sejumlah produk lainnya; hand sanitizer, cairan disinfektan, disinfektan chamber dan masker, 

"Alat ini sangat dibutuhkan untuk menangani pasien Covid-19, yang memerlukan ketepatan dan keakuratannya agar bisa dipakai di rumah sakit (RS)," ujar HIdayat.

Sementara itu, Ketua Tim Desain dan Pembuatan Ventilator Portabel, Ir Iman Satria, MT IPM mengungkapkan, alat ini bekerja otomatis menggunakan mikrokontrol arduino dan software labview untuk display.

Dikatakan, desain mekanik Ventilator mengunakan Software Solidwork yang dimiliki Prodi Teknik Mesin.

Rektor UBH Luncurkan Bilik Disinfektan Karya Tim FTI, Putus Rantai Penyebaran Covid-19

5 Mahasiswa FTI Universitas Bung Hatta Ikuti Program Magang di PT Semen Padang

"Penggunaan SolidWork sangat membantu dalam mendesain dan dapat disajikan dalam bentuk virtual prototipe serta animasinya," ujar Iman didampingi Ir Eddy Soesilo, M Eng, Aidil, S T MT, Iqbal ST, MT dan lima orang mahasiswa Teknik Elektro dan Teknik Mesin.

Halaman
12
Editor: Emil Mahmud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved