Breaking News:

Corona Sumbar

Rektor UBH Luncurkan Bilik Disinfektan Karya Tim FTI, Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Rektor Universitas Bung Hatta (UBH), Prof Dr Tafdil Husni, SE MBA mengimbau segenap civitas academika guna mencegah berkembangnya wabah Virus Corona

ISTIMEWA/DOK.FTI UBH
Rektor Universitas Bung Hatta (UBH) Prof Dr Tafdil Husni, SE, MBA bersama Tim dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) yang dipimpin Dekannya. Dr Ir Hidayat, MT, IPM menghasilkan bilik disinfektan (disinfection chamber/DC), Minggu (29/3/2020) di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

TRIBUNPADANG.COM -  Rektor Universitas Bung Hatta (UBH), Prof Dr Tafdil Husni, SE MBA mengimbau segenap civitas academika guna mencegah berkembangnya wabah Virus Corona atau corona virus disease-19 (Covid-19).

Rilis yang diterima TribunPadang.com, menyebutkan kebijakan rektor kali ini meliputi; imbauan agar menjaga kerbersihan, menjaga jarak (sosial distancing) sampai pada pengalihan proses perkulian on line dan Work from Hause (WFH). Bahkan, rektor mendorong agar seluruh dosen, tanaga kependidikan Universitas terlibat aktif dalam mengatasi persoalan Covid-19.

Rektor Tafdil sangat mengapresiasi kerja dosen dan mahasiswa FTI, yang sudah menghasilkan produk Disinfection Chamber (DC ) atau bilik disinfektan dan produk lain  yaitu cairan disinfectan dan Hand Sanitizer (HS) oleh prodi Teknik Kimia yang sudah dimanfaakan oleh internal UBH, segenap alumni dan masyarakat umum.

"Kalau Dokter dan perawat berjuang mengobati pasien kena Covid-19, sementara kita berjuang mengatasi penyebaran Covid-19," kata Tafdil.

Hal itu direspon antara lain; Fakultas Teknologi Industri (FTI) UBH melalui Dekan Dr  Ir Hidayat, MT, IPM yang berkoordinasi dengan ketua-ketua program studi di lingkungan fakultasnya. Di antaranya; Teknik Elektro (TE), Teknik Mesin (TM), Teknik Industri (TI), Teknik Kimia (TK) dan Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ) guna merealisasikan gagasan dan harapan rektor.

"Alhamdulillah, pada hari Minggu 29 Maret 2020 Rektor Universitas Bung Hatta me-launching Disinfection Chamber (DC) hasil karya mahasiswa dan dosen FTI Universitas Bung Hatta. DC merupakan ruangan yang berfungsi untuk mensterilkan bagian luar/pakaian manusia dari virus dan bakteri yang menempel pada permukaan," ujar dekan Dr Ir Hidayat MT, IPM melalui rilisnya, Selasa (31/3/2020).

Dekan menambahkan teknisnya melalui pengembunan cairan disinfektan yang kemudian disemprotkan ke dalam bilik (chamber).

"Bagi siapa yang akan memasuki suatu ruangan, terlebih dahulu harus masuk kedalam bilik tersebut sehingga bakhteri, yang menempel akan mati oleh uap disinfektan tersebut. Untuk produk perdana ini disponsori oleh PT Kunango Jantan dan Perguruan Islam Ar Risalah nantinya ditempatkan di Ar Risalah," papar dekan.

Sementara itu, Ketua Tim desain dan pembuatan DC, Iman Satria, ST, MT menambahkan butuh waktu lebih kurang 24 jam untuk menyelesaikannya proses pembuatan tersebut. 

Selama proses pembuatan itu dirinya tergabung dalam tim yang terdiri dari; Burmawi ST, MT, Duskiardi, ST, MT, Dr  Silvi, ST, MT, Arzul, ST, MT dan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro. 

Pihaknya bertekad untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19 sekaligus wujud kepedulian dari Dosen FTI beserta segenap mahasiswa dan civitas akademika lainnya.

"Mereka sukrela mengumpulkan uang untuk membuat DC yang akan ditempatkan di FTI. Tidak hanya itu, ketua Koperasi Saudagar Minang Raya (SMR), Joi Kahar dengan spontan mendanai pembuatan 2 buah DC, yang akan diserahkan satu ke Pemda dan satu lagi untuk Masjid Kampus 3 Universitas Bung Hatta," imbuh Iman.

Terpisah, ketua SMR,  Joi Kahar  memotivasi supaya orang minang di rantau turut membantu memberi dukungan baik moril dan dana utk pemgembangan karya-karya mahasiswa di kampus.  "Orang Minang Hebat, Mahasiswa Universitas Bung Hatta Hebat" mengutip tagline Joi Kahar yang akrab disapa Da Joi ini.(*/rls/TribunPadang.com)

Penulis: Emil Mahmud
Editor: Mona Triana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved