Ekonomi Masyarakat Turun, Mulyadi Minta Pemerintah Cepat Tanggapi Pandemi Corona

Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Dapil Sumatra Barat (Sumbar) II Mulyadi mendesak Pemerintah untuk cepat tanggap dalam menangani pandemi Covid-19

Editor: afrizal
Istimewa
Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Dapil Sumatra Barat (Sumbar) II Mulyadi 

Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Dapil Sumatra Barat (Sumbar) II Mulyadi mendesak Pemerintah untuk cepat tanggap dalam menangani pandemi Covid-19. Pasalnya tidak hanya mengakibatkan korban jiwa, adanya pandemi virus Corona juga membuat perekonomian masyarakat menurun.

Terutama bagi para pegiat usaha kecil seperti pedagang baik tradisional maupun eceran. Menurut Anggota Komisi III DPR RI ini, imbas dari menurunnya perekonomian akan membuat masyarakat semakin kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Wabah virus covid-19 yang selain memakan korban jiwa manusia, juga telah memporakporandakan perekonomian, yang dampaknya dapat menyengsarakan masyarakat banyak," kata Mulyadi di Sumbar, Sabtu, (4/4/2020).

Lebih lanjut Mulyadi mengatakan, pemerintah harus bisa mengayomi masyarakat di saat pandemi seperti sekarang ini. Tak hanya melindungi keselamatan namun juga menjaga keberlangsungan masyarakat yang tergantung pada pemasukan per hari.

"Pemerintah harus bisa membantu masyaraakt kita yang terdampak perekonomiannya, karena memang itulah tugas dan kewajiban dari pemerintah," imbuhnya.

Ia menjelaskan pedagang pasar tradisional sangat bergantung pada ramai atau tidaknya kunjungan masyarakat namun karena virus covid-19 memaksa mereka bertaruh nyawa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu pembatasan jam malam juga sangat berdampak pada pemilik usaha yang hanya buka pada malam hari. Oleh karena itu pemerintah dituntut bijak dalam mengeluarkan kebijakan.

"Pemerintah harus bisa merencanakan suatu kebijakan dengan matang. Pemerintah harus mencarikan solusi terkait permasalahan ini," ujarnya.

Berangkat dari hal tersebut, Mulyadi menyarankan agar pemerintah segera menyalurkan berbagai bantuan agar kebijakan yang diterapkan dapat menunjang kehidupan masyarakat. Seperti halnya sembako atau bantuan langsung tunai.

Mulyadi sendiri mengaku tengah mengupayakan berbagai bantuan untuk masyarakat dalam menghadapi pandemi virus covid-19. Pihaknya tengah menyiapkan sembako, masker, hand sanitizer dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis.

"Saya menyumbangkan 2 tahun gaji saya untuk membeli 1000 APD dan puluhan ribu masker dan hand sanitizer botol 100 ml," kata Mulyadi.

Jumlahnya pun fantastis. Mulyadi mengatakan terdapat puluhan ribu yang terdiri dari masker dan hand sanitizer. Untuk APD medis sekira 1000 unit. Bantuan ini ia peroleh dengan menggunakan dana pribadi yang setara dua tahun gaji anggota wakil rakyat di Senayan.

“Kita sangat prihatin atas kejadian ini. Ini adalah ujian berat. Mari kita bersama-sama membantu dan mencarikan solusi terbaik untuk masyarakat kita,” tutup Mulyadi.(*/ADV)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved