Sumbar Tanggap Darurat Corona

Anggota DPR RI Dapil Sumbar, Hermanto: Koordinasikan dengan Pemerintah Pusat Terkait Lockdown

Jumlah pasien yang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar) diperkirakan bakal bertambah menjadi 6 orang, hinggan Ju

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Virus Corona - Untuk mengenal lebih jauh apa itu virus corona, berikut simak ciri-ciri virus corona dari mulai bentuk hingga lamanya pengembangan vaksin. 

Antisipasi Covid-19, Anggota DPR RI Dapil Sumbar Hermanto: Koordinasikan dengan Pemerintah Pusat untuk Lockdown

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Jumlah  pasien yang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar) diperkirakan bakal bertambah menjadi 6 orang, hinggan Jumat (27/3/2020).

Sehari sebelumnya, sebanyak lima pasien sudah terlebih dahulu dinyatakan positif virus corona (Coronavirus Disease) atau Covid-19.

Anggota DPR RI dapil Sumatera Barat Hermanto minta Pemprov dan Pemda untuk berkoordinasi guna melakukan tindakan secara sistimatis, akurat untuk mencegah meluasnya dampak wabah Covid-19.

"Libatkan tim medis dan menyediakan APD, fasilitas ruangan perawatan untuk menampung suspect, melakukan pengawasan terhadap ODP dan PDP dan disertai instruksi pada masyarakat agar berdiam diri di rumah dan menjaga jarak fisik," kata Hermanto, Jumat (24/3/2020).

Cegah Penyebaran Covid-19, PLN Hitung Pemakaian Listrik Rata-Rata 3 Bulan Terakhir

Cegah Corona Petugas Hentikan Persiapan Resepsi Warga di IV Koto Agam Walau Sudah Pasang Tenda

Hermanto mengatakan penularan Covid-19 melalui kontak manusia relatif cepat serta saat ini hampir semua daerah di Indonesia terjangkit.

Lanjutnya, Pemprov Sumbar diminta untuk membatasi frekuensi penerbangan dan bila keadaan semakin sulit dikendalikan, maka Bandara Internasional Minangkabau (BIM) perlu untuk ditutup saja.

Hermanto juga meminta Pemprov Sumbar melakukan pengawasan yang ketat di setiap jalur lalu lintas kendaraan dan orang di perbatasan antar provinsi.

"Kemudian setiap Pemda diminta untuk mengefektifkan pencegahan di masing masing daerahnya," tambah Hermanto.

Hermanto juga meminta Pemprov Sumbar berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat agar melakukan lockdown, sehingga penanganan wabah Covid-19 lebih komprehensif.

"Pemprov dan Pemda (kab/kota) diminta juga melibatkan para pihak yang berkompeten dan masyarakat untuk bergotong royong melakukan pencegahan.

Yakni dengan cara penyemprotan disinfektan di lingkungan masing-masing dan membiasakan cuci tangan dengan hand sanitizer. Seiring itu juga menempatkan hand sanitizer di setiap fasilitas umum pelayanan publik dan rumah tangga," ungkapnya (*)



Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved