Galodo di Pasaman

Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan Menyusul Pasaman, Satu Warga Dilaporkan Meninggal Dunia

Banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (15/2/2020), mengakibatkan en

Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan Menyusul Pasaman, Satu Warga Dilaporkan Meninggal Dunia
istimewa
Ilustrasi: Banjir rendam pemukiman warga di Nagari Binjai, Nagari Kampung Tengah, Kecamatan Ranah Hulu (Rahul) Tapan, Pesisir Selatan, Senin (20/1/2020) beberapa waktu lalu. 

Banjir Melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Satu Orang Warga Dilaporkan Meninggal Dunia

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (15/2/2020), mengakibatkan enam rumah warga terkena dampak bencana alam tersebut.

Di antaranya, kondisi menyusul bencana alam tersebut membuat akses jalan terganggu, bahkan satu orang warga dilaporkan meninggal dunia.

Berselang waktu kejadian yang hampir sama, bencana alam berupa galodo terjadi di Pasaman  dan tanah longsor pada Sabtu kemarin.

Akibat banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Pasaman, satu orang dikabarkan meninggal dunia, satu orang kritis, dan satu orang dilaporkan hilang.

Banjir Bandang (Galodo) di Pasaman Makan Korban, Satu Warga Tewas dan Satu Hilang Tertimbun

Bencana Galodo Landa Alahan Panjang, Ruas Jalan Tertimbun Material Akibat Longsor

Kepala Bidang (Kabid) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sumbar, Rumainur mengatakan bahwa banjir dan tanah longsor terjadin di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

"Adapun kejadian ini akibat curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, dan mengakibatkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di beberapa titik di Kecamatan Bayang," ujar Rumainur.

Rumainur menyebutkan daerah yang terkena banjir dan longsor di Kecamatan Bayang yaitu Nagari Koto Barapak, Nagari Gurun Panjang.

Rumainur juga menyebutkan banjir dan longsor di Nagari Sungai Sariak Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

"Ada tiga rumah terdampak longsor di Nagari Gurun Panjang, dan tiga rumah di Nagari Sungai Sariak Lumpo Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan," ujar Rumainur.

Rumainur menyebutkan terjadinya longsor sebanyak 12 titik di jalan Provinsi yang mrnghubungkan Kecamatan Bayangbdan Kecamatan IV Jurai.

"Satu orang Korban tertimbun tanah longsor di Nagari Talaok Kecamatan Bayang, untuk kondisi Korban belum diketahui," kata Rumainur.

Disebutkannya BPBD Kabupaten Pesisir Selatan sudah turun dan melakukan pendataan, penanganan, dan melakukan pembersihan material banjir dan longsor.(*)

Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved