Breaking News:

Advertorial

Kaleidoskop 2019, Pemprov Sumbar Raih Puluhan Penghargaan, Bukti Keseriusan Membangun

Kaleidoskop 2019, Pemprov Sumbar Raih Puluhan Penghargaan, Bukti Keseriusan Membangun

Editor: Saridal Maijar
Biro Humas Setdaprov Sumbar
Gubernur Irwan Prayitno saat menerima piagam penghargaan dan piala kategori Provinsi Terinovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2019, Senin (7/10/2019) di Ballroom Hotel Borobudur, Jakarta.  

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Puluhan penghargaan diraih Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) di bawah kepemimpinan Gubernur Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit.

"Selama 2019 ini, kita Pemprov Sumbar meraih berbagai penghargaan berskala nasional. Penghargaan itu tidak lepas dari dukungan seluruh stakholder terkait sehingga banyak hal yang telah kita lakukan untuk membangun Sumbar," ujar Gubernur Irwan Prayitno didampingi Wagub Nasrul Abit, Sekda Alwis serta Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman Rizal.

Wagub Nasrul Abit bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Nasrizal saat melihatkan penghargaan paramakarya yang diserahkan Wapres RI, Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Kamis (28/11/2019).
Wagub Nasrul Abit bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Nasrizal saat melihatkan penghargaan paramakarya yang diserahkan Wapres RI, Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Kamis (28/11/2019). (Biro Humas Setdaprov Sumbar)

Dalam rentang tahun 2019, banyak yang dilakukan baik itu seluruh sektor, di antaranya pembangunan insfrastruktur, pariwisata, pengendalian inflasi, pengentasan angka kemiskinan, menurunkan angka pengangguran dan sektor lainnya yang berdampak positif bagi masyarakat sehingga dapat menunjang perekonomiannya.

Dari segi inflasi Sumbar menjadi daerah yang terendah inflasinya dari delapan provinsi di kawasan Sumatra yang mengalami inflasi dan terendah kedua secara nasional. 

Gubernur Irwan Prayitno saat pertemuan Miniterial Meeting IMT-GT, Krabi Thailand pada September 2019 lalu.
Gubernur Irwan Prayitno saat pertemuan Miniterial Meeting IMT-GT, Krabi Thailand pada September 2019 lalu. (Biro Humas Setdaprov Sumbar)

"Secara tahunan pergerakan harga pada Desember 2019 menunjukkan inflasi sebesar 1,67 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan tahun 2018 yang sebesar 2,60 persen (yoy)," katanya.

Dari sektor pariwisata jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbar pada bulan November 2019 mencapai 5.021 orang.

"Sedangkan untuk Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Sumbar 62,27 persen mengalami kenaikan 2,82 poin dibandingkan TPK bulan Oktober 2019 sebesar 59,45 persen," tuturnya.

Wagub Nasrul Abit saat mendampingi pihak Kemenkomaritiman dan Investasi berkunjung ke Mentawai.
Wagub Nasrul Abit saat mendampingi pihak Kemenkomaritiman dan Investasi berkunjung ke Mentawai. (Biro Humas Setdaprov Sumbar)

Untuk nilai ekspor Sumbar juga mengalami peningkatan di bulan November 2019 sebesar 13,66 persen dibanding bulan sebelumnya. Sedangkan, impor meningkat 68,24 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Jadi secara kumulatif ekspor Januari hingga November 2019 terjadi peningkatan mencapai US$ 1189,28 juta dan impor November 2019 mencapai US$ 36,31 juta," ungkapnya.

Dari segi pengangguran, dari tahun ke tahun persentase pengangguran di Sumbar terus menurun.

Gubernur Irwan Prayitno dan Wagub Nasrul Abit saat rapat koordinasi kebencanaan bersama Kepala BNPB dan Kepala BMKG, (23/12/2019).
Gubernur Irwan Prayitno dan Wagub Nasrul Abit saat rapat koordinasi kebencanaan bersama Kepala BNPB dan Kepala BMKG, (23/12/2019). (Biro Humas Setdaprov Sumbar)
Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved