Harimau Sumatera Resahkan Warga Pasaman

BREAKING NEWS: Harimau Sumatera Diduga Serang Sapi Milik Warga di Pasaman, Sumbar

Binatang buas yang diperkirakan Harimau Sumatera kembali mengganggu dan hendak memangsa ternak milik warga di Jorong Tarantang Tunggang,

BREAKING NEWS: Harimau Sumatera Diduga Serang Sapi Milik Warga di Pasaman, Sumbar
Istimewa/Dok.KSDA Pasaman
Pihak Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Pasaman melakukan patroli di sekitar penampakan binatang buas yang diduga harimau di Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin (25/11/2019) malam. 

BREAKING NEWS: Diduga Harimau Sumatera Kembali Ganggu Hewan Ternak Warga di Pasaman, Sumbar

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Debi Gunawan

TRIBUNPADANG.COM, PASAMAN - Binatang buas yang diperkirakan Harimau Sumatera kembali mengganggu dan hendak memangsa ternak milik warga di Jorong Tarantang Tunggang, Nagari Binjai, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Sebelumnya, Minggu (24/11/2019) sekitar pukul 10.00 WIB seorang petani di Jorong Tarantang Tunggang, Nagari Binjai, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman menemukan sapinya dalam keadaan terluka di bagian kaki belakang.

Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kabupaten Pasaman, Ade Putra mengungkapkan dugaan sementara binatang buas tersebut adalah harimau.

Ilustrasi: Jejak harimau sumatera yang ditemukan di kebun karet warga Desa Sibiruang, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, sepekan yang lalu.
Ilustrasi: Jejak Harimau Sumatera yang ditemukan di kebun karet warga Desa Sibiruang, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, sepekan yang lalu. (Dok. BBKSDA Riau)

"Hasil pengecekan ditemukan tanda keberadaan berupa jejak kaki satwa diduga Harimau Sumatera di sekitar dan dalam kandang sapi," ungkap Ade Putra, Selasa (26/11/2019).

Menurut Ade Putra, penanganan sementara lewat berbagai upaya yang dilakukan oleh pihak KSDA Pasaman.

"Seperti identifikasi lapangan, mendokumentasikan temuan, wawancara warga sekitar, memberikan penyuluhan kepada masyarakat, patroli, pemasangan kamera trap dan lain sebagainya," ungkap Ade Putra.

Langkah tindak lanjut kata yakni melalui pemasangan perangkap mengingat satwa sering menampakan wujud

Sebelumnya diberitakan, Masyarakat Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman diresahkan, karena sejumlah hewan ternak mereka mati diterkam hewan buas, yang diperkirakan Harimau Sumatera.

Halaman
123
Penulis: Debi Gunawan
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved