Breaking News:

Sumpah Pemuda Menjadi Tonggak Bagi Generasi Muda Lebih Peduli Pada Upaya Pemberantasan Korupsi

Sumpah Pemuda dirayakan setiap tanggal 28 Oktober, tahun ini peringatan Sumpah Pemuda memasuki usia ke-91 tahun.

Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Pimpinan KPK Saut Situmorang saat memberikan pemaparan soal Eksistensi Partai Politik dalam Sistem Politik dan Ketatanegaraan di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019) 

TRIBUNPADANG.COM - Sumpah Pemuda dirayakan setiap tanggal 28 Oktober, tahun ini peringatan Sumpah Pemuda memasuki usia ke-91 tahun.

Bagi Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, angka tersebut amat bermakna. 

Dia menilai, angka 91 tahun perayaan Sumpah Pemuda bisa menjadi tonggak bagi generasi muda untuk lebih peduli pada upaya pemberantasan korupsi.

5 Tahun Jadi Mendagri, Tjahjo Kumolo Mengaku Sedih karena Banyak Kepala Daerah yang OTT KPK

Belum Sebulan Jadi Anggota DPR RI, Mulan Jameela Dapat Teguran KPK Gara-gara Ini

"Anak muda yang akan mengawal mimpi negeri ini di masa depan yang sustain," kata Saut Situmorang kepada wartawan, Senin (28/10/2019).

Saut menjelaskan, esensi Sumpah Pemuda adalah kesamaan visi dan misi sebagai rakyat Indonesia.

"Esensi dari Sumpah Pemuda adalah kesamaan visi misi tanpa kecuali, tentang apa peran kita dan latar belakang, tentang menuju seperti apa indonesia dimasa depan dari situasi resouces yang kita miliki dan hadapi saat ini," ujarnya.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin Ditangkap KPK Bersama Kepala Dinas PU

Aliansi BEM Sumbar Datangi DPRD Provinsi, Sampaikan Keluh Kesah Soal Polemik Revisi UU KPK

Saut menilai, momen Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan satu kesaman visi dan misi untuk menuju masa depan. Bahkan, kata dia, visi misi tersebut jauh melebih konstitusi negara ini.

"Tahun 1945 adalah esensi lain dari sumpah pemuda yang diartikan 'beyond' dari soal-soal administrasi negara. Dimana, di tahun 1928 kita sudah memiliki value melebihi hanya sekedar UU, peraturan, kode etik, dan seterusnya," kata Saut.

Saut juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk mulai membersihkan negeri dari korupsi melebihi batasan Undang-Undang (UU)‎.

Perppu Dinilai Jadi Jalan Keluar Terkait Capim KPK Terancam Gagal Dilantik, Gara-gara Ini

Arteria Dahlan Sebut Prof Emil Salim Dimanfaatkan Terkait UU KPK Hasil Revisi

Ia mengajak agar menjalankan nilai-nilai berkebangsaan Indonesia.

‎"Mari memulai membersihkan negeri ini melebihi dari sekedar batasan UU, peraturan, kode etik, guna melanjutkan nilai yang kita miliki dan pahami tentang integritas bangsa yang jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil dalam sehi penegakan hukum utamanya hukum hukum anti korupsi yang akan mengawal mimpi negeri ini dimasa depan," ajaknya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Peringati Sumpah Pemuda, KPK Ajak Anak Muda Makin Peduli Pada Upaya Pemberantasan Korupsi, 

Editor: Mona Triana
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved