Berita Padang Hari Ini

Dua Kampung Sadar Donor Darah di Padang, Ada di Kelurahan Kurao Pagang dan Pondok

Hingga saat ini terdapat dua Kampung Sadar Donor Darah (Kasdora) di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dua Kampung Sadar Donor Darah di Padang, Ada di Kelurahan Kurao Pagang dan Pondok
TribunPadang.com/KrisnaSumargo
Ilustrasi: Warga Kota Padang antusias mengikuti aksi donor darah Hotel Amaris Jumat (15/2/2019). Donor darah ini juga diikuti ratusan anggota Polri, TNI serta relasi manajemen hotel. 

Ada 2 Kampung Sadar Donor Darah di Padang, Kelurahan Kurao Pagang dan Pondok

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati

TRIBUNPADANG.COM, PADANG -- Hingga saat ini terdapat dua Kampung Sadar Donor Darah (Kasdora) di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang, Hamdani Kasdora mengatakan bahwa dua kasdora itu terletak di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, dan Kelurahan Pondok Kota Padang.

"Pada awalnya rencananya ada 4 kelurahan Kasdora namun, kurangnya anggaran untuk saat ini baru 2 (Kurao Pagang dan Pondok) itu saja," kata Hamdani pada Kamis (24/10/2019).

Hamdani menjelaskan bahwa Kasdora ini merupakan komunitas masyarakat dalam menggerakan masyarakat melakukan donor darah.

Musik Jalanan Turut Meriahkan Permindo Night Market di Kota Padang

Pasar Malam di Jalan Permindo Padang Dimulai 2 November 2019, Kendaraan Akan Dilarang Lewat

"Di Keluruhan Pondok terdapat 200 jaringan masyarakat pendonor darah dan  Kurao Pagang terdapat lebih dari 200 jaringan," kata Hamdani.

Lanjut, Kasdora ini ditargetkan sebagai bank darah hidup di Kota Padang. Jika suatu saat ada kebutuhkan darah, kepada jaringan Kasdora ini disampaikan dan kebutuhan darah bisa dipenuhi.

"Kalau darah diambil sejak awal ditakutkan darah tersebut mengalami kadarluasa, darah mempunyai masa expired. Kalau diluar masa expired tidak dimanfaatkan harus dimusnahkan," tambah Hamdani.

keberadaan Kasdora menjadi wadah bagi relawan ini dilatih untuk menggerakan masyarakat yakni melalui media komunikasi informasi ekonomi (KIE).

Pihaknya berharap supaya para pendonor darah yang bersedia untuk mendonorkan darah.(*)

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved