Hamdan, Pemuda Taratak Limapuluh Kota Pendiri Malakatech Indonesia, Punya Sertifikat dari Microsoft

Hamdan, Pemuda Taratak Limapuluh Kota Pendiri Malakatech Indonesia, Punya Sertifikat dari Microsoft.

Hamdan, Pemuda Taratak Limapuluh Kota Pendiri Malakatech Indonesia, Punya Sertifikat dari Microsoft
Dokumen Pribadi Hamdan
Hamdan, pemuda asal Taratak, Limapuluh Kota, yang jadi Malakatech Indonesia. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Debi Gunawan

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Seorang pemuda 22 tahun asal Taratak, Kabupaten Limapuluh Kota, sudah mengantongi 9 pengakuan sertifikat internasional dari Microsoft dan perusahan teknologi lainnya.

Dia bernama lengkap Hamdan, namun jika ditulis dengan gelar-gelarnya, maka namanya sangat panjang yaitu Hamdan, Amd, Kom, MTA, MOS, MCP, ACA, ACU, CCNA.

Walaupun telah bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi di Jakarta, tak lantas membuat Hamdan lupa dengan kampung halamannya.

Kisah Erick Sandy, Dulu Suka Bolos Sekolah, Kini Jadi Kepala Cabang Wing Dealer Honda Hayati Padang

Pada 2017 yang lalu, dia dan beberapa teman sekampusnya mendirikan sebuah brand yang mereka namakan Malakatech Indonesia.

"Malakatech Indonesia adalah brand lokal atau karya anak nagari yang melayani UKM atau pebisnis lokal atau Indonesia," ungkapnya saat dihubungi TribunPadang.com, Rabu (9/10/2019).

Layanananya yang diberikan Malakatech Indonesia berupa penyediaan jasa hosting dan domain, pembuatan website dan aplikasi, digital marketing, video atau desain kreatif dan lain sebagainya.

Hamdan mengungkapkan, ia tergugah untuk mendirikan Malakatech Indonesia karena melihat kondisi pengangguran di Indonesia semakin tinggi dari waktu ke waktu.

POPULER SUPERSKOR - Peluang PSMS Medan Belum Habis| Hingga Tangan Dingin Eduardo Almeida

"Kami mempunyai kemauan untuk memberdayakan pengusaha-pengusaha lokal atau kelompok usaha kecil menengah untuk beralih cara baru dalam berbisnis ke konsep digital," ungkapnya.

Ia menyampaikan, hampir di setiap dia turun ke lapangan, selalu menemukan permasalahan cara berbisnis online.

Mulai dengan bagaimana prosedurnya, promosinya serta permasalahan lain yang berhubungan dengan digital.

"Alasan kedua, kami ingin mengajak anak muda Indonesia untuk mendirikan usaha-usaha, soalnya potensi kreatif anak muda sangat besar untuk memajukan ekonomi indonesia," jelasnya.

Setelah Dituduh Mesum, Pasangan Kekasih Diperas 4 Tukang Parkir di Padang, Pelaku Ditangkap Polisi

Saat ini, Malakatech Indonesia melayani dan mensupport usaha kecil menengah dan anak-anak muda dengan menyediakan wadah atau platform website, toko online, pengetahuan digital marketing dan lainnya.

Hamdan menjelaskan, penggunaan nama Malaka di brandnya, merepakan bentuk penghormatan kepada salah satu pahlawan Republik Indonesia yang berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota yaitu Tan Malaka.

"Malakatech sendiri didedikasikan untuk pahlawan Tan Malaka. Kenapa? Karena menurut kami di keadaan atau kondisi negeri sekarang masih membutukan pejuang, entah itu pejuang ekonomi ataupun pendidikan," pungkasnya.(*)

Penulis: Debi Gunawan
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved