Berita Padang Hari Ini

BREAKING NEWS - Prof Dr Herwandi MHum Segera Dikukuhkan Jadi Guru Besar Universitas Andalas

Satu lagi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas menambah satu guru besar lagi. Seorang Dosen Program Studi Sejarah Indonesia, FIB, Universit

BREAKING NEWS - Prof Dr Herwandi MHum Segera Dikukuhkan Jadi Guru Besar Universitas Andalas
TRIBUNPADANG.COM/EMIL MAHMUD
Prof Dr Herwandi MHum, Guru besar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas

Laporan Wartawan Tribun Padang, Emil Mahmud

TRIBUNPADANG.COM, PADANG  - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas menambah satu guru besar lagi. Seorang Dosen Program Studi Sejarah Indonesia, FIB, Universitas Andalas, Prof  Dr  Herwandi, M Hum bakal menyampaikan Orasi Ilmiah Guru Besar Arkeologi. 

Orasi ilmiah tersebut bakal disampaikan Pada Rapat Majelis Guru Besar Universitas Andalas Gedung Convention Hall Universitas Andalas, Padang, Senin (7/10/2019) mendatang.

Prof Mestika Zed Wafat, Guru Besar Sejarah Unand Gusti Asnan: Beliau adalah Seorang Guru

Berawal dari Unggahan Media Sosial,Guru Besar FBS UNP Terbitkan Novel Berjudul Rindu Banda Sapuluah

Kepada TribunPadang, Herwandi mengemukakan dirinya akan menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul: Arkeologi Seni: Pola Hias Minangkabau, Dari Artefak Seni ke Motif Batik Kreatif di Sumatera Barat”.

"Orasi ilmiah ini merupakan akumulasi dari sejumlah hasil penelitian yang sudah saya lakukan selama 10 tahun terakhir, khususnya tentang warisan arkeologis yang dijumpai di Sumatera Barat,' ujar Herwandi, ditemui di Kampus FIB Universitas Andalas, LimauManis, Padang, Kamis (3/10/2019).

Sejauh ini lanjutnya, tentang warisan arkeologis yang dijumpai di Sumatera Barat memperlihatkan betapa wilayah ini memiliki warisan arkeologis yang sangat kaya, sangat beragam.

"Oleh karena itu, warisan arkeologis yang dijumpai di Sumatera Barat itu sangat potensial dijadikan sumber kajian dan inovasi, khususnya dalam pengembangan industri kreatif, yaitu batik di Sumatera Barat," ujar Herwandi.

Dalam perjalanan akademisi lainnya, Herwandi turut membidani lahirnya Pusat Sudi Humaniora Universitas Andalas, yang kini diketuai Dr Zulqaiyyim MHum didampingi jajaran dosen Prodi Sejarah Indonesia, antara lain; Dr Zaiyardam Zubir MHum, Dr Lindayanti MHum serta Ana Fitri Ramadani, SS, MA dan lainnya.  

Universitas Andalas sediakan 5.780 kursi untuk calon mahasiwa baru tahun 2019
Universitas Andalas sediakan 5.780 kursi untuk calon mahasiwa baru tahun 2019 (conference.faperta.unand.ac.id)

Sebelum pengukuhan dirinya sebagai Guru Besar, Herwandi bersama para koleganya dari Program Studi (Prodi) Sejarah Indonesia, FIB Universitas Andalas, termasuk Prof Gusti Asnan menggelar pertemuan guna persiapan seremoni acara di ruang sidang Prodi Sejarah Indinesia, FIB, Universitas Andalas.

Turut hadir Ketua Program Magister Ilmu Sejarah Indonesia, Dr Nopriyasman MHum dan Ketua Prodi Ilmu Sejarah Indonesia, Dr Anatona MHum.

Halaman
123
Penulis: Emil Mahmud
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved