Breaking News:

Berita Pariaman Hari Ini

Kota Pariaman Bertekad Jadikan 'Tabuik Piaman' Masuk 100 Kalender Nasional Pariwisata

Pemerintah kKta (Pemko) Pariaman bertekad untuk menjadikan iven Tabuik Piaman ini masuk 100 iven kalender nasional Pariwisata

IST/DOK.DISKOMINFO KOTA PARIAMAN
Suasana masyarakat yang diperkirakan ratusan ribuan pengunjung memadati Pantai Gandoriah guna menyaksikan acara puncak; Hoyak Tabuik pada Minggu (15/9/2019). 

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN --  Pemerintah kota (Pemko) Pariaman bertekad untuk menjadikan iven Tabuik Piaman ini masuk 100 iven kalender nasional Pariwisata.

Rilis Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Pariaman yang diterima TribunPadang.com, Selasa (17/9/2019) mengulas dalam sambutannya, Wali kota Pariaman, Genius Umar.

Wali kota Genius Umar, mengatakan bahwa budaya tabuik adalah budaya dari masyarakat Kota Pariaman, warisan dari leluhur ratusan tahun silam.

Pihaknya akan terus melanjutkan serta mempertahankan lewat semarak perayaan menyusul warisan dari nenek moyang semenjak dulunya.

PESTA BUDAYA - Tabuik Jadi Magnet Bagi Wisatawan Sambangi Kota Pariaman, Sumatera Barat

Sebelumnya, Pesta Budaya Tabuik yang dilaksanakan pemerintah setempat pada 1-15 September 2019 adalah sebatas agenda pariwisata.

Diperkirakan 200 ribu pengunjung menadati kawasan wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Minggu (15/9/2019) lalu.

Kemeriahan pengunjung tersebut dalam perhelatan budaya pariwisata Pariaman ini guna menyaksikan secara langsung; Tabuik Piaman 2019 yakni Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang.

Sejauh ini,  pelaksanakan Hoyak Tabuik digelar setiap tahun oleh pemerintah setempat, yang merupakan agenda pariwisata daerah serta tidak berkaitan agama tertentu.

Tabuik menjadi bagian dari destinasi wisata Kota Pariaman, kesenian dari budaya tabuik menjadi heritage nasional.

Pemko Pariaman berniat untuk menjadikan tabuik menjadi warisan dunia yang bersifat kebudayaan yang telah berlangsung ratusan tahun semenjak 1825 dan telah menjadi kalender event nasional.

Halaman
12
Penulis: Emil Mahmud
Editor: Emil Mahmud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved