Padang

FONI Pengurus Daerah Sumbar Dideklarasikan di Aula Sapta Marga Makorem 032/Wirabraja di Padang

Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Pengurus Daerah Sumatera Barat (Sumbar) resmi terbentuk menyusu

FONI Pengurus Daerah Sumbar Dideklarasikan di Aula Sapta Marga Makorem 032/Wirabraja di Padang
IST/DOK.PENREM 032/WIRABRAJA
Suasana Deklarasikan berdirinya Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Pengurus Daerah Sumatera Barat (Sumbar), di Gedung Aula Sapta Marga Makorem 032/Wbr Padang Sumatera Barat, pada Kamis (1/8/2019). 

Federasi Orienterring Nasional Indonesia, Provinsi Sumatera Barat Dideklarasikan

TRIBUNPADANG.COM - Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Pengurus Daerah Sumatera Barat (Sumbar) resmi terbentuk menyusul  dideklarasikan di Gedung Aula Sapta Marga Makorem 032/Wirabraja di Padang, Sumbar, Kamis (1/8/2019). 

Rilis dari Penerangan Korem (Penrem) 032/Wirabraja yang diterima TribunPadang.com, Kamis (1/8/2019) menyebutkan FONI menjadi wadah untuk mengembangkan kegiatan olahraga Orienteering di wilayah Provinsi Sumbar.

Danrem 032/Wirabraja, melalui Mayor Inf Yondri menyatakan apresiasinya dan siap mendukung kinerja FONI sebagai wadah pengembangan olahraga Orienteering di Sumatera Barat.

"Seperti apa yang telah pernah disampaikan oleh Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo selaku Ketua Orienterring Indonesia dan yang pertama kali mensosialisasikan olahraga ini di Sumbar bahwa olahraga orienteering ini perlu digalakkan di tanah air, termasuk di Sumbar. Satunya, berupaya agar sosialisasi harus terus menerus dilakukan. Hal ini sekaligus untuk menjaring bibit-bibit atlet unggulan, untuk berkompetisi dikancah nasional dan internasional," ujarnya seperti dikutip Penrem 032/Wirabraja, Jumat.

Pihak Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menyatakan bahwa sangat mendukung kegiatan olahraga Orienteering ini oleh karena kegiatannya yang menggunakan alam terbuka.

Karenanya, hal itu dapat dikembangkan dalam hal mengenalkan sektor wisata alam yang ada di Sumatera Barat kepada dunia luar dengan mengadakan kegiatan perlombaan.

Seperti diketahui, Orienteering adalah olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas untuk menyelesaikan suatu lintasan dari titik kontrol satu ke titik kontrol lain dalam waktu sesingkat mungkin.

Sementara tiu, Mazwar yang mewakili Kadispora Sumbar menyampaikan bahwa potensi penggiat Orienteering di Sumatera Barat sangatlah besar.

Pihaknya siap bekerja sama dengan semua kalangan untuk mengembangkan dan mensosialisasikan olahraga Orienteering di Provinsi Sumbar ini.

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari Universitas yang ada di Sumbar seperti dari Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol serta dari STIKES Padang.

Hadir dalam acara tersebut Kadispora Prov Sumbar yang diwakili oleh Mazwar, Kadis Pariwisata Prov Sumbar yang diwakili oleh Agung serta Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Korem 032/Wirabraja Mayor Inf Yondri yang mewakili Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo selaku Ketua FONI.

Saat ini di Sumatera Barat sudah terbentuk 12 ranting olahraga Orienterring, menyusul berdirinya Pengda FONI di Sumbar  dapat mempersatukan para penggiat orienteering setempat.

Disamping itu, bisa untuk berkontribusi positif terhadap kemajuan Olahraga tersebut di Provinsi Sumatera Barat.

(*/rls/TribunPadang.com/EmilMahmudsyah)

Penulis: Emil Mahmud
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved